Laporkan Masalah

Hubungan antara Self-Handicapping dan Pesimisme dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

PURWATI, Dr. Yapsir Gandi Wirawan, MA

2005 | Tesis | S2 Psikologi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-handicapping dan pesimisme dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Tenik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Hipotesis penelitian yang diajukan yaitu : (1) ada hubungan antara self-handicapping dan pesimisme dengan prokrastinasi akademik, (2) ada hubungan positif antara self-handicapping dengan prokrastinasi akademik. Semakin tinggi self-handicapping maka semakin tinggi prokrastinasi akademik. Sebaliknya, semakin rendah self -handicapping maka semakin rendah prokrastinasi akademik, (3) ada hubungan positif antara pesimisme dengan prokrastinasi akademik.Semakin tinggi pesimisme maka semakin tinggi prokrastinasi akademik. Sebaliknya, semakin rendah tingkat pesimisme maka semakin rendah pula prokrastinasi akademik. Subjek penelitian berjumlah 85 mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Perminyakan yang duduk di semester tiga ke atas. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala self-handicapping, skala pesimisme, dan skala prokrastinasi akademik. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi untuk me nguji hipotesis pertama, dan menggunakan analisis korelasi parsial untuk menguji hipotesis kedua dan ketiga. Hasil uji hipotesis menunjukkan (1) tidak ada hubungan yang signifikan antara self-handicapping dan pesimisme dengan prokrastinasi akademik, yang ditunjukkan dengan harga F regresi 2,330 ; R² = 0,054 ; p = 0,102 , (2) tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara self-handicapping dengan prokrastinasi akademik, yang ditunjukkan dengan harga korelasi rx1-2 y sebesar 0,180 dengan p = 0,093 , (3) tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara pesimisme dengan prokrastinasi akademik, yang ditunjukkan dengan harga korelasi rx2-1 y sebesar – 0,125 dengan p = 0,253. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dinyatakan ditolak.

This research aims to find out the relation between self-handicapping and pessimism with academic procrastination for the students of the Pembangunan Nasional “Veteran” University Yogyakarta. The present study investigated the hypotheses that: (1) there was a correlation between self- handicapping and pessimism with academic procrastination, (2) there was a positive correlation between selfhandicapping and academic procrastination. The higher the self-handicapping the higher academic procrastination. On the contrary, the lower self-handicapping the lower the academic procrastination, (3) there was a positive correlation between pessimism and academic procrastination. The higher the pessimism the higher the academic procrastination. On the contrary, the lower pessimism the lower the academic procrastination. Subjects of this research were 85 college students of the Faculty of Technology, third semester and upper students of Petroleum Engineering Programme. The method used for collecting data were self- handicapping scale, pessimism scale, and academic procrastination scale. Regression Analysis was used to test the first hypothesis. Partial Correlation Analysis was used to test the second and third research hypothesis. The result showed : (1) there was no significant correlation between selfhandicapping and pessimism with academic procrastination, as shown by figure F regression = 2,330 ; R² = 0,054 , p = 0,102 , (2) there was no positive and significant correlation between self- handicapping with academic procrastination, as shown by rx1-2 y = 0,0180 ; p = 0,093 , (3) there was no positive and significant correlation between pessimism and academic procrastination, as shown by rx2-1 y = -0,125 ; p = 0,253. Results generally did not support the predictions.

Kata Kunci : Pesimisme, Academic Procrastination, Self- Handicapping, Pessimism.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.