Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan
RISMA, Devi, Fathul Himam, M.Psi.,MA.,Ph.D
2005 | Tesis | S2 Psikologi (Psikologi Terapan)Faktor manusia merupakan masalah utama di setiap kegiatan yang ada dalam kehidupan berorganisasi. Hal ini disebabkan oleh adanya intreraksi antar individu itu sendiri, pada organisasi, maupun pada teknologinya. Interaksi ini mengakibatkan kehidupan yang dinamis dalam suatu organisasi yang dapat mempengaruhi kinerja dan produk yang dihasilkan oleh organisasi atau perusahaan baik berupa barang atau jasa. Sumber daya manusia merupakan agen perubahan atau sering disebut sebagai agent of change. Hal tersebut menunjukkan bahwa semua kegiatan yang dilakukan awalnya adalah hasil dari perbuatan manusia itu sendiri. Peningkatan sumber daya manusia tidak luput dari peran aktif manajemen dalam peningkatan kinerja karyawan dan perusahaan tentunya. Nilai mendasar yang mau dikembangkan dalam penelitian ini adalah dengan menampilkan kecerdasan emosional dalam dunia kerja dan implikasinya terhadap penyelenggaraan pelatihan-pelatihan. Konsep kecerdasan emosional merupakan fenomena yang masih terbilang baru dalam dunia psikologi industri dan organisasi, akan tetapi penggunaannya dalam dunia kerja saat ini sangat dibutuhkan. Kecerdasan emosional memungkinkan seseorang untuk mengelola emosinya dengan baik, sehingga terekspresikan secara tepat dan efektif, yang pada akhirnya akan membawa orang tersebut mampu bekerja sama dengan lancar menuju sasaran dan tujuan organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara empiris apakah ada pengaruh kecerdasan emosional (Emotional Intelligence) terhadap kinerja karyawan. Dalam Penelitian ini hipotesis yang ditimbulkan adalah ada pengaruh yang positif dari kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan dengan mengontrol variabel inteligensi, self efficacy dan komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yaitu dengan melakukan pelatihan kecerdasan emosional dengan rancangan eksperimen The Pre Test – Post Test Design. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan dengan mengontrol variabel intelegensi, self efficacy dan komunikasi interpersonal. Dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan, diterima. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data ysng diperoleh yaitu sebesar nilai t = 2,427 dan probabilitas sebesar 0,028 (p < 0,05).
Factor of human being represent main problem in each existing activity in organizational life. This matter because of existence of interaction of between it self individual, organization, and technology. This interaction result the dynamic life in a organization able to influence the performance and product yielded by good company or organization in the form of goods or service. Human resource represent the change agent is often conceived by agent of change. The mentioned indicate that all activity conducted by initially is result from deed of human being itself. Make-Up of human resource don’t miss from active role of management in make-up of performance of employees and company it is of course. Elementary value which will be developed in this research by presented emotional intellegence in the world of job or activity and its implication to training management. Conception the emotional intellegence represent the phenomenon which still spelled out members newly in the world of organizational and industrial psychology, however its use in the world of job in this time very required. Emotional intellegence enable the someone to manage its emotion better, so that expressed precisely and effective, which is on finally will bring the the people can cooperate at ease go to the target and target of organization. Target of this research is to explain empirically what there emotional intellegence influence (Emotional Intelligence) to job performance. In this Research hypothesis generated by there is influence which are positive from emotional intellegence to employees performance with controlling variable inteligensi, self efficacy and communications interpersonal. This research use experiment method, that is conducted training of emotional intellegence with experiment device of The Pre Test - Post Test Design. From research result obtained inferential that there is positive influence and signifikan from emotional intellegence to job performance with controlling variable intelegensi, self efficacy and communications interpersonal. Thereby research hypothesis expressing that there is positive influence of emotional intellegence to job performance, accepted. This matter can know from result analyse obtained data that is equal to value of t = 2,427 and probability equal to 0,028 ( p < 0,05).
Kata Kunci : Kecerdasan Emosi,Kinerja Karyawan, emotional intellegence, job performance