Laporkan Masalah

Efektivitas Art Therapy untuk meningkatkan ketrampilan sosial pada anak yang mengalami gangguan perilaku

MUKHTAR, Desvi Yanti, Prof.Dr. M. Noor Rochman Hadjam, SU

2005 | Tesis | S2 Psikologi (Psikologi Terapan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas art therapy dalam meningkatkan ketrampilan sosial pada anak yang mengalami gangguan perilaku. Subjek penelitian adalah 31 satu anak yang memiliki karakteristik berikut: duduk di kelas IV – VI SD, mengalami gangguan perilaku kategori sedang sampai sangat tinggi, dan memiliki ketrampilan sosial kategori rendah sampai sangat rendah. Subjek penelitian diperoleh melalui skrining dengan mengguna kan Skala Gangguan Perilaku dan Skala Ketrampilan Sosial. Subjek penelitian dibagi secara acak dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (n=16) dan kelompok kontrol (n=15). Kelompok eksperimen mendapat perlakuan berupa art therapy yang diberikan dalam 6 kali pertemuan, masing-masing pertemuan membutuhkan waktu 120 menit. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Gangguan Perilaku dan Skala Ketrampilan Sosial yang disusun oleh peneliti, observasi, wawancara, dan hasil lukisan subjek. Skala Ketrampilan Sosial digunakan untuk mengungkap perubahan yang terjadi setelah pemberian perlakuan dan diuji dengan menggunakan uji-t sampel berpasangan dan analisis varians within subject. Hasil uji-t berpasangan menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan antara skor ketrampilan sosial pada saat post test 1 dan post test 2 dibandingkan dengan saat pretest (t hitung > t tabel 2,131 dan p < 0.05), sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada perbedaan skor yang signifikan. Hasil anava menunjukkan nilai ratio F interaksi waktu dan kelompok (2,58) = 2,243 dan p > 0.05. Ini berarti, perbedaan skor ketrampilan sosial antara kelompok eksperimen dengan kelompok control tidak signifikan. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa art therapy efektif untuk meningkatkan ketrampilan sosial pada anak yang mengalami gangguan tidak terbukti. Hasil analisis data individual menunjukkan bahwa beberapa orang subjek mengalami peningkatan ketrampilan sosial dan rasa percaya diri.

The research was aimed to investigate the effectiveness of art therapy in promoting social skills of children with behavioral problem. The subject of this research were 31 children who have characteristics : in grade IV – VI elementary school, have moderate until very highly behaviour problem,, and have poor until very poor social skills. The subjects were screened with Behaviour Problem Scale and Social Skills Scale. The subjects were randomly assigned to the following group : experiment group (n=16) and control group (n=15). The experiment group was given art therapy ini 6 session, each being held in 120 minutes. Data was collected by using Behaviour Problem Scale and Social Skills Scale that maked by researcher, observation, interview and subject’s drawing. The Social Skills Scale was used to reveal changes in social skills after the treatment was given and was analyzed by using t-paired sample and Anova within subject technique. The result of the paired t showed that score of post test 1 and 2 of social skills experiment group significantly different with score of pretest (t obtained > t critical 2,131 and p < 0,05). In control group, that difference is not significant. The result of the Anova showed that F ratio Time interact with Group (2,58) = 2,243 and p > 0,05. It’s mean, the difference score of social skills between experiment group and control group is not significant. So, the hypothesis is not proven. The art therapy was not effective to promoting social skills of children with behavioural problem. Individually analyzed data showed that some subject have increasing score of social skills and self respect.

Kata Kunci : Gangguan Perilaku,Keterampilan Sosial,Art Therapy, art therapy, social skills, behaviour problem


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.