Manajemen piutang dalam mencegah membesarnya piutang pasien rawat inap di RS Restu Ibu Balikpapan
SYAHRIAL, Bambang, drg. Julita Hendrartini, M.Kes
2005 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan MasyarakatLatar Belakang. Dalam usaha rumah sakit menghadapi bertambahnya pasien umum dan perusahaan serta pemasukan yang meningkat, maka masalah piutang menjadi hal yang sangat penting oleh karena itu diperlukan manajemen piutang yang efektif sehingga dapat memaksimalkan pemasukan dan meminimalkan piutang pasien rawat inap di RS Restu Ibu Balikpapan. Tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang kinerja dan hambatan di bagian keuangan dalam pengelolaan piutang di RS Restu Ibu melalui siklus piutang untuk mencegah membesarnya piutang pasien rawat inap. Metode. Merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi untuk menganalisis tugas masing-masing petugas pada siklus piutang serta hambatannya dalam pencegahan membesarnya piutang rawat inap. Hasil penelitian. Bagian pendaftaran tidak menanyakan tentang sistim pembayaran pada pasien rawat inap, bagian perawatan penataan tagihan masih belum tepat dan penataan tagihan keperusahaan masih lambat, informasi piutang dan koordinasi masih lemah, evaluasi di bagian keuangan dalam mengelola piutang belum ada. Kesimpulan. Bagian pendaftaran belum melakukan pendataan informasi dengan baik, perawatan penataan tagihan masih kurang dalam ketepatan, kecepatan informasi piutang dan koordinasi masih lemah, evaluasi di bagian keuangan dalam mengelola piutang belum ada.
Background. In effort hospital face increasing patient and companies and also inclusion which mounting, hance problem of receivable become very important therefore needed effective receivable management so that can maximize its income and minimization its credit in Restu Ibu hospital Balikpapan. Objective. The study was aimed to obtain information about performance and constraints of finance in managing debt at Restu Ibu Hospital throught debt concept. Method. This was exsplorative research which employed qualitative approach with methods of indepth interview, observation and documentation was to analyse duties of each staff who were moulsed in debt management. Result. Registration section did not ask about payment system to inpatient, debt collecting system had not functioned well and debt collection to companies was delayed, debt information and coordination were insufficient, and there was no evaluation on finance management in the finance section. Conclusion. Registration section did not provide good information documentation, debt collection was not done on time, debt information and coordination was insufficient, and there was no evaluation in finance management on the finance section.
Kata Kunci : Manajemen Rumah Sakit,Manajemen Piutang,Pasien Rawat Inap