Laporkan Masalah

Trust in a Brand dan hubungannya dengan loyalitas merek pada Handphone Nokia

RATNANINGTYAS, Yohana Ari, Naila Zulfa, SE.,MA

2005 | Tesis | S2 Manajemen

Loyalitas merek menjadi isu yang penting saat ini dalam pemasaran. Pemasar harus mengerti dengan jelas arti konsep loyalitas, sehingga mereka dapat mengetahui dan mengelola anteseden dari loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model hubungan antara consumer brand characteristic dengan trust in a brand sebagai anteseden yang mempengaruhi loyalitas merek. Kami menghipotesiskan bahwa semua variabel dalam consumer brand characteristic yaitu kemiripan antara konsep diri konsumen dan personalitas merek, kesukaan akan merek, pengalaman akan merek, kepuasan akan merek dan dukungan teman mempengaruhi trust in a brand dan trust in a brand mempengaruhi loyalitas merek. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen pemakai handphone khususnya merek Nokia karena Nokia merupakan merek handphone yang paling populer di Yogyakarta. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposiveconvenience sampling. Sejumlah 300 kuesioner disebar tetapi hanya 255 kuesioner yang memenuhi syarat untuk dianalisis atau menunjukkan response rate sebesar 85%. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk mengukur apakah instrumen penelitian benar-benar mampu mengukur variabel yang digunakan. Pada penelitian ini digunakan analisa regresi sederhana. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa semua variabel dalam consumer brand characteristic yang terdiri dari kemiripan antara konsep diri konsumen dan personalitas merek, kesukaan akan merek, pengalaman akan merek, kepuasan akan merek dan dukungan teman terbukti berpengaruh signifikan positif terhadap trust in a brand. Kemudian trust in a brand juga berpengaruh positif secara signifikan terhadap loyalitas merek. Oleh karena itu perlu perhatian yang serius bagi pemasar untuk mencermati semua variabel yang ada guna membangun trust in a brand agar konsumen menjadi loyal pada merek yang diproduksi oleh mereka.

Brand loyalty has become an important issue in marketing. A marketer must clearly understand the concept of loyalty, so they can find out and manage the loyalty’s antecedent. This research aims to test a model describing the causal relationship of consumer brand characteristic with trust in a brand as antecedent that influence brand loyalty. We hypothesized that all of variables in consumer brand characteristic such as similarity between consumer self-concept and brand personality, brand liking, brand experience, brand satisfaction and peer support influence trust in a brand and then, trust in a brand influences brand loyalty. The respondents of this research were handphone’s consumers especially Nokia brand because it is the most popular handphone in Yogyakarta. The sample was drawn by a purposive-convenience sampling technique. Three hundred of questionnaires were distributed and returned, but only 255 questionnaires were eligible for analyses, showing a response rate about 85 %. To achieve reliable and valid data, we used reliability and validity test. This research used simple regressions to analyze the data. The result showed that all of the variables in consumer brand characteristic such as similarity between consumer self-concept and brand personality, brand liking brand experience, brand satisfaction and peer support have positive significant effect to trust in a brand and trust in a brand has positive significant effect to brand loyalty. Therefore, a marketer needs serious and careful attention on those variables to develop trust in a brand, and to build consumer loyalty.

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Kepercayaan,Loyalitas Merek, trust in a brand, brand loyalty


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.