Analisis risiko yang dipersepsikan pada keinginan membeli
PANDOWO, Aditya Chris Nuardhana, Prof.Dr. Basu Swastha Dh., MBA
2005 | Tesis | S2 ManajemenPenelitian ini dilakukan untuk menguji model risiko yang diperspesikan. Dalam model penelitian ini, risiko yang dipersepsikan dipengaruhi oleh dimensi-dimensi risiko, yakni, risiko sosial, risiko waktu, risiko keuangan, risiko fisik, risiko kinerja, dan risiko psikoogis. Model penelitian ini diadopsi dari penelitian yang dilakukan oleh Stone dan Gronhaug (1993) dalam artikelnya yang berjudul “Perceived Risk: Further Consideration for The marketing Disciplineâ€. Dengan menggunakan alat analisis Structural Equation Models dengan bantuan program AMOS 4.0, hasil penelitian mendukung penelitian sebelumnya dimana dimensi risiko fisik dan keuangan secara langsung mempengaruhi risiko yang dipersepsikan. Namun demikian, peran risiko psikologis sebagai variabel mediasi pada risiko yang dipersepsikan tidak didukung. Pada penelitian ini, ditemukan juga risiko yang dipersepsikan mempengaruhi keinginan membeli. Perbandingan antara penggunaan variable mediasi dan tanpa mediasi menunjukkan hasil yang sama. Dengan demikian model dalam penelitian ini merupakan model yang ekuivalen. Hal ini terjadi karena kedua model menghasilkan parameter estimasi yang sama, goodness of fit yang sama, dan indikator variabel yang sama meskipun memiliki latar belakang teori yang berbeda.
This research is carried out to analyze perceived risk model. On this research perceived risk is influenced by each dimensionof risk such as Social risk, Time risk, Financial risk, Physic risk, Performance risk, and Psychologic risk. Model on this research taken from Stone dan Gronhaug (1993) in their article entitled “Perceived Risk: Further Consideration for The marketing Disciplineâ€. By using analysis instrument of Structural Equation Models in AMOS 4.01, the results supported previous research. Physic risk and Financial risk have direct effect to perceived risk. On the other hand, Psychological risk as an intervening variable to perceived risk has no supported. On this research we found Perceived risk influence and decreasing willingness to buy. The comparison among mediation variable and without mediation show the same result. Thereby, model in this research represent equivalent models. This matter happened if same parameter to be estimated, goodness of fit, and variable indicator though have different theory background.
Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Resiko,Evaluasi Konsumen,Perceived risk, Dimension of Risk, Willingness to Buy, Consumer Evaluation, Consumer Involvement, Uncertainty