Budaya pendidikan dalam persepsi orang Ternate
SIBUA, Alfatah, Prof.Dr. Hari Poerwanto
2005 | Tesis | S2 AntropologiKebudayaan pendidikan merupakan gagasan dan konsep yang mendasari praksis pendidikan, kebudayaan pendidikan juga tidak terlepas dari keseluruhan elemen, dan wujud kebudayaan khususnya yang menyangkut ilmu pengetahuan, adat istiadat, dan cara hidup lainnya. Nilai-nilai inilah yang ditransmisikan dari satu generasi ke generasi lainnya sebagai sebuah kesadaran budaya dalam kehidupan masyarakat. Ternate dipilih sebagai wilayah penelitian, dikarenakan kota ini memiliki benang sejarah yang ditinggalkan oleh para leluhur zaman dahulu, sehingga menjadi warisan bagi generasi sekarang di dalam mempersepsikan pendidikan baik formal maupun nonformal sebagai dasar pijakan atau pedoman dalam kehidupannya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif untuk mengukur dengan cermat terhadap fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat, dengan menggunakan perspktif etik dan emik serta analisis, model for dan model of untuk mengungkapkan makna dan fungsi, sesuai dengan persepsi warga setempat. Dengan demikian hasilnya dapat dipahami bahwa budaya pendidikan dapat mendorong masyarakat menjadi cerdas dalam melihat sebuah fenomena kehidupan konsep ini tidak bisa dipisahkan antara satu dengan lainnya, karena dengan ketiga dasar itulah akan melahirkan manusia yang kaya dalam ilmu pengetahuan dan anggun dalam berpilaku budaya.
Educational culture is an idea and concept basing the education praxis, education culture also can not beseparated to antirely elements, and its special cultural shape related to sciences, customs, traditions and other ways of life. These are the values transmitted from one to other generation as a cultural awareness in the community life. Ternate is chosen as research area, as the city has a historical string left by the ancestor of the old times, so it is being a legacy for the current generation in making perception of education both formal and informal as base place to stand on or as a manual in its life. Whereas method used in the present study is a qualitative descriptive in nature to measure accurately on social phenomenon that happened in the community, by using an ethical, emical and analysis perspective, model for and model of to uncover mean and function, conforming to a local people perception. Thus it result can be understood that the education culture can motivate the community being smart in looking at any life phenomenon. The concept can not be separated between one another, as those three bases will bear humans who are rich of sciences and elegant in their cultural behaviors.
Kata Kunci : Kehidupan Sosial Budaya,Budaya Pendidikan,Orang Ternate, Culture, Education Bear A Smart Community