Interpretasi budaya dalam Iklan :: Studi semiotik tentang identifikasi dan representasi seksualitas dalam iklan rokok Djarum Black versi BLACK dan versi Gadis tepi pantai
SETIANTO, Widodo Agus, Dr. Susetiawan
2005 | Tesis | S2 SosiologiPeriklanan global menyebarkan budaya global khususnya di negara-negara sedang berkembang. Banyak dari masyarakat negara-negara dunia ketiga mengadopsi budaya global dan menyebabkan terjadinya degradasi budaya. Sebagian besar dari budaya itu berbeda dari budaya lokal. Penelitian ini mencoba menguraikan tanda-tanda dan simbol-simbol budaya yang ada pada iklan rokok Djarum Black. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa iklan rokok Djarum Balck menggunakan simbolisme seksual pada pesan-pesan iklannya.
Global advertisement spread of global culture especially in developing countries. Much of the third world Societies adopt the culture and It cause happen cultural degradation. It mainly the culture is different from local culture. This research try to elaborate cultural signs and symbols which is existing in Djarum Black cigarette advertisement. Result of this research indicate that Djarum Black cigarette advertisement use sexual symbolism in its advertising messages.
Kata Kunci : Iklan Rokok,Komunikasi dan Kebudayaan, Advertisement, advertising, representation, cultural values