Laporkan Masalah

Pengaruh pengumuman Right Issue terhadap Bid-Ask Spread sebelum dan setelah pengumuman Earnings semesteran

SUSIANTI, Liana, Dr. Sony Warsono, MAFIS.,Ak

2005 | Tesis | S2 Akuntansi

Penelitian ini menguji pengaruh pengumuman right issue terhadap bid-ask spread sebelum dan setelah pengumuman earnings semesteran. Penelitian ini mengungkapkan bahwa asimetri informasi terjadi antar partisipan di pasar modal. Dealer merupakan salah satu partisipan dipasar modal akan meningkatkan spread bila bertransaksi dengan pedagang yang miliki informasi lebih banyak, hal ini dilakukan untuk melindungi dirinya dari kerugian akibat transaksi tersebut. Penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur sebagai obyek penelitian. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 58 perusahaan manufaktur yang mengumumkan right issue di Bursa efek Jakarta pada tahun 1995-2004. Pengujian hipotesis dengan menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menujukkan bahwa dalam periode pengamatan sepuluh hari diseputar pengumuman right issue yang dilakukan sebelum dan setelah pengumuman earnings, bid-ask spread tidak ada perbedaan. Untuk periode lima hari sampai satu hari di seputar pengumuman right issue yang dilakukan sebelum dan setelah pengumuman earnings, bid-ask spread ada perbedaan. Ini berarti bahwa pengumuman right issue dapat menurunkan asimetri informasi yang terjadi antar partisipan dipasar modal. Dan pengumuman right issue masih memiliki kandungan informasi. Penilitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan Sheehan (1997) yang menyatakan bahwa terjadi peningkatan asimetri informasi yang diproksikan dengan bid-ask spread sebelum pengumuman right issue, dan setelah pengumuman right issue bid-ask spread menurun. Ini terjadi karena kandungan informasi dari pengumuman right issue telah diserap oleh pasar, sehingga semua pelaku pasar memiliki informasi yang sama.

This research examines the effect of right issue announcement toward bidask spread before and after the announcement of earnings in semester-base. The research expresses that there is asimetry of information happens among the participants of capital market. Dealer is one of participants in capital market who will increase the spread when doing transaction with sellers whose have more information. This action aimed to protect him/her self from losing the transaction. We use manufacture company as research object. The quantity of samples taken for the research were 58 manufacturer which issued their right issue at Bursa Efek Jakarta from 1995 to 2004. Paired sample t-tes were used to examine the hypothesis. The result show us that in 10- day around the announcement, that was before and after the issuing, there was no difference in bid-ask spread. But there was difference in bid-ask spread in the period of 5 to 1 day after and before the issuing. It means that the announcement of right issue might decrease the asimetry of information among the participants in capital market. The announcement of right issue still posses information. This research is parallel with Sheehan’s (Sheehan, 1997) which expressed that asimetry of information increased as proxy with bid-ask spread before the announcement. In contrast, after the announcement, the bid-ask spread decreased. This happens as the information gathered from the issuing has already absorbed by the market so that all of the marketer have the same informatio n.

Kata Kunci : Right Issue,Pengumuman Earnings,Bid,Ask Spread, of Right Issue, Announcement of Earnings, Bid-Ask Spread


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.