Analisis pengaruh situasi, produk, individu pada perilaku membeli dan mengkonsumsi makanan ringan
MAGDALENA, Nonie, Prof.Dr. Basu Swastha Dh., MBA
2005 | Tesis | S2 ManajemenIlmu mengenai perilaku konsumen diharapkan mendapat lebih banyak perhatian dari sisi akademik untuk diselidiki. Aspek penting dari perilaku konsumen adalah perilaku pembelian dan pengkonsumsian oleh individu. Perilaku pembelian dan pengkonsumsian dipengaruhi oleh situasi, produk dan individu. Sasaran penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh langsung dan / atau pengaruh bersama situasi konsumsi, produk makanan ringan, dan karakteristik individu pada perilaku membeli dan mengkonsumsi. . Penelitian ini dilakukan di Bandung dengan menggunakan 218 responden yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk makanan ringan yang ditawarkan oleh peneliti. Situasi yang digunakan adalah situasi konsumsi berdasarkan definisi tugas dimana konsumen membeli dan mengkonsumsi produk berdasarkan maksud dan tujuan dari kondisi pembelian dan pengkonsumsian yang diinginkan. Sedangkan karakteristik individu yang digunakan adalah karakteristik yang mudah diamati seperti usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik individu berdasarkan usia berinteraksi dengan situasi konsumsi dan produk makanan ringan sehingga mempengaruhi perilaku membeli dan mengkonsumsi. Hal ini merupakan model secara keseluruhan yang mempengaruhi perilaku membeli dan mengkonsumsi. Pola perbedaan makanan ringan asin / gurih / kering, baby boomer, dan situasi pelayanan merupakan kontribusi tertinggi untuk mempengaruhi perilaku membeli dan mengkonsumsi.
The study of consumer behavior is expected to receive more academic attention from scholars. The important aspects in consumer behavior are purchasing and consumption behavior by individuals. Purchasing and consumption behavior is influenced by situation, product and person. The objectives of this research are to examine main and interaction effects of consumption situation, snack products, and individual characteristics on purchasing and consumption behavior. This research was conducted in Bandung using 218 respondents that has purchased and consumed snack products which were offered by researcher. The situation used in this research is consumption situation based on tasks definition, which the consumer purchases and consumes products based on purpose and objectives of purchases and consumption contetxs. Whereas individual characteristics used is observable characteristics such as age, gender, and level of education. Thus, the result show that individual characteristics based on age will interact with consumption situation and snack products which influence purchasing and consumption behavior. This is a fully model which influence purchasing and consumption behavior. The pattern of variance light /salty/ crispy snack, baby boomer and informal serving situation is the highest contribution to influence purchasing and consumption behavior.
Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Perilaku Konsumen,Konsumsi Konsumen, individual characteristics, consumption situation, snack products, purchasing and consumption behavior