Laporkan Masalah

Aliran daya reaktif optimal melalui pengaturan tegangan pada sistem Kitlur Sumbar-Riau

AINI, Zulfatri, Ir. Soedjatmiko, M.Sc

2005 | Tesis | S2 Teknik Elektro

Penelitian bertujuan untuk mengoptimalkan aliran daya reaktif melalui pengaturan variabel kontrol tegangan, sehingga rugi-rugi daya aktif pada saluran transmisi dapat diminimisasi sementara profil tegangan bus berada pada batasan yang ditetapkan. Penelitian ini menggunakan data pada sistem tenaga listrik Sumbar-Riau. Metode yang digunakan adalah injeksi daya reaktif simultan. Metode ini bertujuan untuk menentukan kondisi optimal dan pengaturan daya reaktif dengan memperbaiki profil tegangan serta meminimalkan rugi-rugi daya pada sistem, dengan menerapkan kekangan tegangan keluaran generator, injeksi daya reaktif kompensator statik var dan posisi rasio tap transformator dengan prioritas yang sama. Perubahan nilai tegangan berdasarkan injeksi daya reaktif dan pengaruh tap trafo diamati dari hasil studi aliran daya dengan metode Newton-Raphson, yang dieksekusi dengan perangkat lunak EDSA. Penelitian ini memperoleh hasil penurunan rugi-rugi total daya aktif sebesar 7,2% pada kasus beban puncak dan 0,6% pada kasus beban ringan. Profil tegangan semua bus berada dalam batasan yang telah ditetapkan.

The aim of the research is to optimize reactive power flow through regulation of voltage control variable, so active power losses on transmission line can be minimized while bus voltage profile is on determined limit. The research uses data of electrical power system of Sumbar Riau. Method used is the simultaneous reactive power injection. The method aims to determine optimal condition and regulate reactive power by improving voltage profile and minimizing active power losses of the system by applying generator output voltage constraint, static var compensator reactive power injection and position of transformer tap ratio with same priority. Change of voltage value based on reactive power injection and impact of transformer tap are observed from result of study of power flow with Newton-Raphson method, executed with EDSA software. This research obtains decreased power active losses as 7,2% at peak load case and 0,6% on the light load case. Voltage profile of all busses are established on the determined limit.

Kata Kunci : Tenaga Listrik,Aliran Daya Reaktif,Pengaturan Tegangan, optimal reactive power flow, control variable of voltage, power loss minimization, EDSA


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.