Laporkan Masalah

Analisis margin pemasaran kopi arabika di Timor Leste

CRUZ, Guilhermino da, Prof.Dr.Ir. Masyhuri

2005 | Tesis | S2 Ekonomi Pertanian

Penelitian ini dilakukan di negara Timor Leste suatu negara baru, dengan luas 14.609,38 km2 dan jumlah penduduk ± 790.000 jiwa. Sekitar tiga perempat penduduknya bekerja di sektor pertanian. Tujuan penelitian adalah 1) Mengetahui saluran pemasaran dan lembaga pemasaran yang terlibat dalam pengaliran produk kopi dari produsen ke konsumen di Timor Leste; 2) Mengetahui besarnya margin pemasaran kopi pada setiap saluran pemasaran yang terlibat di dalamnya; 3) Mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap besarnya margin pemasaran kopi arabika di Timor Leste. Metode penelitian adalah metode deskriptif analisis. Tahapan kegiatan penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan, menyusun, dan menganalisis. Lokasi penelitian di Timor Leste, dengan jumlah responden 128 petani, pedagang pengumpul 11 orang, pedagang pemroses 2 orang dan 1 perusahaan export. Data yang dikumpul meliputi data primer dan sekunder. Di Timor Leste terdapat 3 jenis saluran pemasaran, yang bersifat temporer dan permanen. Pada saluran pemasaran I, besarnya marjin adalah US$ 0.098 per kg, pada saluran pemasaran II besarnya marjin adalah US$ 1.15 per kg. Bagian harga yang diterima petani adalah sebesar 29,41% pada saluran I, 41,18% pada saluran II, dan 35,25% pada saluran III. Analisis regresi menunjukkan bahwa volume penjualan, harga petani, berpengaruh negatif artinya peningkatan volume penjualan dan harga akan menurunkan nilai margin. Jarak pasar terdekat, dan dummy saluran pemasaran berpengaruh positif artinya semakin jauh jarak pasar dan semakin banyak saluran pemasaran semi langsung dan saluran pemasaran tidak langsung maka semakin tinggi marginnya.

This research was conducted in Timor Leste, a new state, total acreage is 14.609,38 km2 with population ± 790.000. About (¾) of its resident working in agricultural sector. The objectives of the research were 1) Understanding the marketing channel and marketing institution in concerned Arabica coffee product channeling from producer to consumer in Timor Leste. 2) To calculate the amount of coffee marketing margin in each marketing channel. 3) Understanding the factors having effect to amount of Arabica coffee marketing margin in Timor Leste. Research methodology is descriptive analysis, this research activity step were collecting, compiling, and analyzing data. Research location in Timor Leste, with the number of farmer respondent 128, collector 11, 2 processor and 1 exporting firm chosen in random. Data collected are the primary and secondary. The results of this research were: there are 3 types of marketing channel, which are categorized in permanent and transient channel. At first marketing channel, amount of margin is US$ 0.098/kilograms; second marketing channel is US$ 1.15/kilograms. Farmer share of coffee price are 29,41% at channel I, channel II is 41,18%, and channel III is 35,25%. Regression analysis indicates that the sales volume, farm level price, have negative impact to marketing margin, it’s mean increasing of volume of sale and farm level price will decrease the margin value. Distance of the closest market and marketing channel have positive impact, it’s mean increase of the distance and more indirectly marketing channel hence its margin will increase also.

Kata Kunci : Kopi Arabika, Margin Pemasaran, margin, marketing, coffee, and price.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.