Strategi pemasaran minuman kesehatan Aloe Vera Multi Media Agrotama Yogyakarta
IMELDA, Kristine, Dr.Ir. Slamet Hartono, SU.,MSc
2005 | Tesis | Magister Manajemen AgribisnisPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman serta kekuatan dan kelemahan pada Multi Media Agrotama Yogyakarta, sehingga dapat ditentukan posisi dari perusahaan, dan merumuskan strategi pemasaran yang baik bagi Multi Media Agrotama sesuai dengan kondisi internal dan eksternal yang dihadapi. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa Multi Media Agrotama mempunyai peluang dan kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan ancaman dan kelemahannya. Strategi pemasaran yang akan diterapkan pada masa mendatang akan diusahakan untuk mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy). Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif analitis, dimana data yang dikumpulkan terdiri dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan kuisioner dengan pertanyaan model multi atribut yang berjumlah 3 orang serta data sekunder yang diperoleh dari pengamatan objek secara langsung yang berkaitan dengan Multi Media Agotama . Metode analisis yang digunakan adalah SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan dan peluang yang dimiliki perusahaan lebih besar daripada kelemahan dan ancaman yang dihadapi. Berdasarkan analisis SWOT, maka posisi perusahaan berada pada kuadran I atau tahap pertumbuhan dan sedangkan strategi pemasaran yang akan datang, yang harus dilakukan adalah growth oriented strategy atau pengembangan pasar agresif dengan melakukan memelihara kualitas produk, meningkatkan kegiatan promosi, memelihara kualitas pelayanan kepada konsumen serta mengembangkan kemampuan sumber daya manusia, memperluas cakupan distribusi serta melakukan diversifikasi produk.
The objectives of this research are to identify the opportunity and threat as well as strengths and weakness of Multi Media Agrotama, so it can be determined the position of the company and formulize appropriate marketing strategies for Multi Media Agrotama based on the internal and eksternal condition that has been faced by the company. The proposed hypothesis are the company has greater strengths and opportunity than the threat and weakness. The marketing strategies which will applied should be encourage an aggressive growth policies (Growth oriented strategy). The basic method used in this research are description analysis, such as primary data (derived from interview and questionnaire with multi-attribute model question including 3 respondents) and secondary data ( from direct observation) that related to Multi Media Agrotama. Analysis method will be used are SWOT (strengths, weakness, opportunities, threat). The result suggested that the strengths and opportunities of the company was greater than the weakness and threats. According to SWOT. The company position location on the first quadrant or in growing stage and the future strategies that should be taken by the company is growth oriented strategies or aggressive market expansion by maintening product and services qualities, aggressive promotion and growthed the abilities of human resources, increasing distribution line and product diversification.
Kata Kunci : Manajemen Agribisnis,Strategi Pemasaran,Minuman Kesehatan