Potensi dan strategi pemasaran usaha budidaya Nila Merah sistem Karamba Jaring Apung di Waduk Kedung Ombo, Kabupaten Sragen
SUCIYATI, Herlina, Dr.Ir. Dwidjono Hadi Darwanto, MS
2005 | Tesis | Magister Manajemen AgribisnisTujuan penelitian ini adalah untuk (a) mengetahui potensi usaha budidaya nila merah sistem karamba jaring apung (KJA) di Waduk Kedung Ombo Kabupaten Sragen berdasarkan aspek finansial usahanya, dan (b) merumuskan strategi pemasaran yang sesuai untuk pengembangan usaha tersebut dengan memperhitungkan faktor internal (kekuatan dan kelemahan) maupun faktor eksternal (peluang dan ancaman) usahanya. Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan jenis data primer dan sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis keuntungan dan analisis SWOT. Hasil analisis keuntungan yang meliputi perhitungan biaya, penerimaan, pendapatan dan RCR menunjukkan bahwa usaha budidaya ikan nila merah sistem KJA menguntungkan secara finansial dan layak untuk diusahakan. Hasil analisis eksternal faktor-faktor yang menjadi peluang usaha budidaya ikan nila merah adalah tingginya permintaan pasar, luasnya potensi sumber daya lahan, telah dikuasainya teknik budidaya dan teknologi komunikasi serta lokasi yang secara geografis berada pada posisi strategis, sedangkan faktor-faktor yang menjadi ancaman usaha yaitu kurang adanya kebijakan pemerintah yang mendukung kelancaran usaha, tidak dikuasainya teknologi informasi oleh pembudidaya, pengaruh iklim dan perubahan musim, adanya persaingan dengan pembudidaya lain di luar kawasan serta adanya produk pengganti. Faktor internal yang menjadi kekuatan adalah melimpahnya ketersediaan benih dan pakan maupun tenaga kerja, adanya kerjasama antar pembudidaya dalam satu kawasan dan kemampuan finansial unit usaha dalam menghasilkan laba atau keuntungan, sedangkan faktor yang menjadi kelemahan usaha yaitu kurang adanya dukungan modal, tidak adanya efisiensi produksi, keterbatasan penguasaan pasar oleh pembudidaya atau posisi tawar produsen lemah dan tidak diterapannya manajemen usaha dengan baik. Dari hasil analisis SWOT diperoleh hasil bahwa posisi usaha budidaya ikan nila merah sistem KJA di WKO Kabupaten Sragen berada pada kuadran III, sehingga strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah dengan meminimalkan masalah-masalah internal sehingga dapat merebut peluang pasar yang lebih baik.
floating net system at Waduk Kedung Ombo (WKO) Sragen Regency, based on financial aspect, and (b) to formulate marketing strategy, that is suitable for developing the cultivation based on internal factor (strength and weakness) and external factor (opportunity and threat). Basic methods of the analysis are descriptive method by implementing primary and secondary data. Profit and SWOT analysis were applied in these analyses. The result of the analysis show that cultivation of red nila fish in floating net system gives financially profitable and feasible to cultivate. The result of external analysis factors show that cultivation of red nila fish has a high market demand, large of potential capacity source, cultivation and communication technology and supported by market accessibility. Meanwhile threat factors such as government policy, no information technology, climate and season changes, and competition and also substitute products should be paid more attention in developing fish cultivation. Internal factor such as seed and feed as well as labor are supporting factors in fish cultivate, including cooperate links between farmers group and the ability of financial unit in producing. While the weakness factor such as low accessibility to capital, in-efficiency production, the low bargaining power and management are constraints faced by farmers in fish cultivating. SWOT analysis shows that the position of cultivation of red nila fish in floating net system at Waduk Kedung Ombo, Sragen Regency is in quadrant III (Opportunity – Weakness), driving the farmers to minimize internal constraints to increase ability accessing market.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran,udidaya Nila Merah,Sistem Karamba Jaring Apung, Cultivation of Fish – Floating Net System –Marketing Strategy