Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bisnis BRI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta

NUGROHO, Rully Ardi, Dr.Ir. Dwidjono Hadi Darwanto, MS

2005 | Tesis | Magister Manajemen Agribisnis

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi bisnis BRI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta dalam menghadapi persaingan industri perbankan syariah di DIY. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, dimana data yang yang dikumpulkan berupa data primer yang diperoleh secara langsung dari wawancara dan kuesioner kepada reponden dan data sekunder yang berupa data pendukung. Metode analisis yang digunakan adalah analisis lingkungan eksternal, analisis lingkungan internal dan perumusan strategi. Analisis perumusan strategi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap masukan, pencocokan dan keputusan. Tahap Masukan terdiri dari Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (EFE) dan Matriks Evaluasi Internal (EFI). Tahap Pencocokan terdiri dari Matriks TOWS dan matriks IE. Sedangkan Tahap Keputusan berupa Matriks QSPM. Dari hasil analisis didapat beberapa alternatif strategi bagi BRI Syariah kantor Cabang Yogyakarta diantaranya adalah: penetrasi pasar, pengembangan produk yang sudah ada, iklan dan promosi bersama dan meningkatkan pemahaman karyawan tentang konsep perbankan syariah.Dari alternatif strategi tersebut, strategi yang paling baik bagi BRI Syariah kantor Cabang Yogyakarta adalah strategi penetrasi pasar.

The objective of this research is formulating business strategy of BRI Syariah Yogyakarta Branch Office in facing sharia banking industry in Special Province of Yogyakarta. The basic method used in this research is descriptive analysis. Primary data was derived from interview using questionnaire while secondary data as supporting data listed out from many sources. Analysis method of this research are external and internal analysis and strategies formulating analysis. Analysis to formulate business strategies were done by following three stages, such as inputing, matching, and decision making. Eksternal Factor Evaluation (EFE) and Internal Factor Evaluation (EFI) was analysed in inputing stage. TOWS Matrix and Internal-External (IE) Matrix was analysed in matching stage, meanwhile Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) was analysed in decision making stage. Result of analyses obtained some alternative strategies, those are market penetration, present produk development, join advertising and promotion, and improving employee in understanding sharia banking concept. From those alternative strategies, the best strategy for BRI Syariah Yogyakarta Branch Office is market penetration strategy.

Kata Kunci : Manajemen Perbankan Syariah,Strategi Bisnis, business strategy, sharia banking, BRI Syariah


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.