Laporkan Masalah

Strategi pemasaran perusahaan agribisnis PT. Joro, bendungan, Ciawi-Bogor

NASUTION, Apriyani, Dr.Ir. Dwijono Hadi Darwanto, MS

2005 | Tesis | Magister Manajemen Agribisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman produk (input dan output) PT. Joro sebagai distributor dan produsen industri hortikultura , untuk menentukan posisi bisnis PT. Joro saat ini. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membantu sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan penentuan strategi pemasaran berdasarkan kesesuaian antara faktor lingkungan eksternal dan internal. Metode dasar penelitian adalah metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup data primer dan sekunder yang dikumpulkan dengan wawancara, pengamatan dan pencatatan. Metode analisis lingkungan eksternal dan internal menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dihadapi oleh PT. Joro. Hasil analisis SWOT dapat menunjukkan posisi perusahaan pada saat ini, sehingga dapat ditentukan strategi pemasaran yang dilakukan dimasa mendatang. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh PT. Joro masih relevan dengan kondisi pasar dengan posisi perusahaan terletak pada kuadran pertama dan skor kekuatan-kelemahan sebesar 0,912 dan peluang-ancaman sebesar 1,22. Dengan demikian sehingga diupayakan agar perusahaan memperkuat lingkungan internalnya dengan kebijakan mendukung pertumbuhan agresif (growth oriented strategi). Beberapa hal yang dapat dilakukan agar strategi pemasaran lebih optimal yaitu dengan peningkatan kualitas produk, peningkatan pelayanan, penentuan harga, mengadakan perluasan promosi, perluasan cakupan distribusi, mengusahakan pengembangan dan pelatihan SDM, mengikuti teknologi yang terus berkembang

This research are aimed to identify the strength-weakness, and opportunitythreat of PT Joro’s as distributor and producer of input and output of horticulture, to determine business position of PT. Joro at portfolio of business. This research is also expected to maintain strategy formulation based on SWOT analysis. The basic method of this research is descriptive method. Primary and secondary data were collected from interviews, observations and records. External and internal environment were analized by using SWOT analysis and determining strengths, weaknesses, opportunities and also threats faced by PT. Joro. Result of SWOT analysis was expected to be able to point out company position currently, and to determine marketing strategy formulation. Result of the analysis indicate that strategy used by PT. Joro still relevant to be implemented in current market condition as shown by the position of the company in first quadrant of portfolio of business . Meanwhile the score of strength-weakness is 0,192 and the opportunity-threat is 1,22. Thus, it is indicate that company should strengthen its internal environment by implementing aggresive growth (growth oriented) strategy. Several things can be carried out to optimize marketing strategy, such as increasing the product quality, services, and implementing competitive price. Likewise human resources development can be implementing through training of farmers and its staffs to anticipate technology development.

Kata Kunci : Manajemen Agribisnis,Strategi Pemasaran, Marketing strategy, strength-weakness, opportunity-threat


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.