Laporkan Masalah

Kecenderungan berperilaku penyalahgunaan Napza siswa SMA ditinjau dari kecerdasan emosional dan disiplin sekolah

THAHRONI, Dr. Toto Kuwato

2005 | Tesis | S2 Psikologi (Psikologi Pendidikan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengelahui: (l) Hubungan antara kecerdasan emosional dan disiplin sekolah dengan kecendenmgan berperilaku penyalahgunaan NAPZA siswa SMA. (2) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kecenderungan berperilaku penyalahgunaan NAPZA siswa SMA. (3) Hubungan antara disiplin sekolah dengan kecenderungan berperilaku penyalahgunaan NAPZA siswa SMA. Subyek penelitian adalah 140 siswa dari SMA Muhammadiyah dan SMA Seri Rama Kota Pekanbaru. Pengambilan sampel dengan cara klaster. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tiga skala, yaitu skala kecerdasan emosional. skala disiplin sekolah. dan skala kccenderungan berperilaku penyalahgunaan NAPZA. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (l) Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan disiplin sekolah dengan kecenderungan berperilaku penyalahgunaan NAPZA siswa SMA, diperoleh F= 4,106. R= 0, 491, R2 = 0.241 p = 0.00 dengan sumbangan efektif sebesar 24,145%. (2) Tidak ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kecendenmgan berperilakn penyalahgunaan NAPZA siswa SMA. dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0.068 p= 0,568 dan sumbangan efektif sebesar 0.923%. (3) Ada hubungan yang signifikan antara disiplin sekolah dengan kecenderungan berperilaku penyalahgunaan NAPZA siswa SMA, diperoleh r = 0.431. p= 0.00 dengan sumbangan efektif sebesar l9,441%.

This research was aimed to find out: (I) The emotional intelligence relation and school discipline with the tendency of NAPZA abuse among high school students. (2) The emotional intelligence relation with the tendency of NAPZA abuse among high school students. (3) The school discipline relation with the tendency of NAPZA abuse. 140 students were selected from SMA Muhammadiyah and SMA Seri Rama, Pekanbaru City. The sampling was done by using Cluster Random Sampling technique. Data was collected through three questionnairres. that was emotional intelligence scale, school discipline scale. and the tendency of NAPZA abuse scale. To Analyze the data, regression technigue was employed. The result of research showed that: (1) There was emotional intelligence and school discipline were significantly related to the tendency of NAPZA abuse among high school students with F= 4.106. R= o. 491. n2: 0.241 p =0.oo and the amount effective contribution was 24.l45%. (2) There was not significant emotional intelligence relation with the tendency of NAPZA abuse with r = 0,068 p= 0.568 and the amount effective contribution was 0.923%. (3) The school discipline was significantly related to the tendency of NAPZA abuse with r = -0. 431. p= 0,00 and the amount effective contribution was 19.441%.

Kata Kunci : Psikologi Pendidikan,Kecerdasan Emosional dan Disiplin Sekolah,Perilaku Remaja,NAPZA,Kecerdasan emosional. disiplin sekolah. dan kecenderungan berperilaku penyalahgunaan NAPZA.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.