Laporkan Masalah

Hubungan antara persepsi siswa terhadap penerapan konsep belajar konstruktif oleh guru dengan motivasi belajar siswa

RAHMADIANA, Metta, Supra Wimbarti, MSc.,PhD

2005 | Tesis | S2 Psikologi (Psikologi Pendidikan)

Konsep belajar konstruktif didefiniksikan sebagai proses belajar yang aktif dimana siswa membangun (membentuk/mengkonstruksi) pengetahuan, konsep atau ideide baru berdasar pada pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya. Motivasi belajar siswa merupakan merupakan keseluruhan daya penggerak psikis dalam diri siswa yang mampu menimbulkan kegiatan belajar, menumbuhkan gairah, perasaan senang dan semangat untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap penerapan konsep belajar konstruktif oleh guru dengan motivasi belajar siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap penerapan konsep belajar konstruktif oleh guru dan variabel tergantung adalah motivasi belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas III di SMU 6 Yogyakarta dengan karakteristik berusia antara 17-19 tahun, berjenis kelamin laki-laki atau perempuan, mengambil jurusan IPA dan mengikuti kegiatan pembelajaran Biologi yang terdaftar di sekolah. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Data hasil observasi dan wawancara dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara varibel persepsi siswa terhadap penerapan konsep belajar konstruktif dengan motivasi belajar siswa. Hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi dengan r = 0,367 dan p = 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasilnya sangat signifikan karena p < 0,05.

Constructive learning is defined as an active learning process where students’ construct their knowledge, concept and ideas based on their prior knowledge. Students’ motivation to learn is defined as a psychological energy within the individual student which then arouses the act of learning and learning activities. The purpose of this research is to prove whether or not there is a correlation between students’ perception on applied concept of constructive learning by teachers’ and students’ motivation to learn. The independent variable in this study is students’ perception on applied concept of constructive learning by teachers’. The dependent variable in this study is students’ motivation to learn. The subjects involved in this research are students’ in their third year at SMU 6 Yogyakarta, age 17-19 years old, male and female, undertakes the subject of science registered in the school. The data was analyzed by the product moment technique meanwhile observations and interviews were analyzed by means of qualitative methodes. The results of this research verifies that there is a very significant correlation between the independent and dependent variable. Whereas the coeficient correlation results are r = 0,367 and p = 0,000. This indicates that the results between two variable involed are very significant because p < 0,05.

Kata Kunci : Psikologi Pendidikan,Motivasi Belajar,Persepsi,Konsep Belajar Konstruktif, Constructive learning concept, students’ motivation to learn


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.