Laporkan Masalah

Mutu pelayanan dokter gigi praktek swasta di Kota Denpasar sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Bali :: Kajian pada pasien warga negara asing

KUSUMAWATI, Putu Ayu Mahendri, dr. Tjahjono Kuntjoro, MPH.,Dr.PH

2005 | Tesis | S2 Ilmu Kedokteran Gigi

Latar Belakang : Bali mempunyai daya tarik yang sangat besar bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara, sehingga industri pariwisata di Bali berkembang dengan sangat pesat. Hal ini perlu diantisipasi dengan berbagai fasilitas yang memenuhi standar yang diharapkan oleh orang asing, salah satunya adalah penyediaan sarana pelayanan kesehatan khususnya kesehatan gigi yang memadai/berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pasien warga negara asing terhadap mutu pelayanan dokter gigi, dan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien warga negara asing yang memanfaatkan pelayanan dokter gigi praktek swasta di Denpasar. Metode : Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional. Subyek penelitian ini adalah pasien warga negara asing yang memanfaatkan pelayanan pada 8 dokter gigi praktek swasta di Denpasar. Alat ukur yang digunakan untuk pengambilan data kuantitatif adalah dengan menggunakan kuesioner persepsi terhadap mutu pelayanan yang mencakup variabel pelayanan dokter gigi, sarana prasarana, lingkungan fisik, pelayanan bagian penerima pasien, pelayanan administrasi, biaya/tarif; dan kuesioner kepuasan pasien. Data diperoleh dari 120 responden pasien warga negara asing yang memanfaatkan pelayanan pada 8 dokter gigi praktek swasta. Hasil : Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Persepsi pasien warga negara asing yang sangat baik/tinggi terhadap mutu pelayanan dengan persentase terbanyak terdapat pada variabel pelayanan dokter gigi (88,40%). (2) Hasil analisis regresi ganda menunjukkan hubungan yang sangat bermakna antara persepsi terhadap mutu pelayanan (p = 0,000 ; R = 0,817 ; R2 = 0,668) dengan kepuasan pasien warga negara asing. (3) Tidak terdapat hubungan antara semua karakteristik responden terhadap kepuasan pasien warga negara asing (p > 0,05). Kesimpulan : (1) Semakin baik mutu pelayanan dokter gigi praktek swasta di Denpasar, semakin meningkat kepuasan pasien warga negara asing yang memanfaatkan pelayanannya. (2) Faktor yang paling kuat hubungannya dengan kepuasan pasien warga negara asing adalah faktor pelayanan dokter gigi.

Backgrounds : Bali island has a great attractiveness to both domestic and international tourists, that makes the tourism industry in Bali developed fast. Referring to that development, it is necessary therefore to antisipate the greater demand of various tourist facilities. One of the facility requirements is to provide the health facilites particularly the dental service facilites. The aim of this research is to find out the perception of foreign visitors patients toward the service quality of the private dental practice, and the correlation between the quality of the service with the satisfaction of foreign visitors patients that use private dental services in Denpasar. Methods: One hundred twenty foreign visitor patients that use the services provides by 8 private dental practice in Denpasar were used as the study sample of an analytic study with a cross sectional design. Questionnaire based on Likert Scale were used to assess the perception of the quality service and the patient’s satisfaction toward the service provided. Results: The results of this study show that (1) the highest percentage of the high level perception of foreign visitor patients toward the service quality is the dentist services variable (88,40%); (2) the result of the analysis of multiple regression reveals that there is a significant correlation between the perceptions of service quality (p = 0,000 ; R = 0,817 ; R2 = 0,668) with the satisfaction of foreign visitor patients; (3) there is no influence amongs all respondents’s’ characteristics towards the foreign visitor patient’s satisfaction (p > 0,05). Conclusions : (1) The better is the service quality, the higher the patient’s satisfaction. (2) The strongest correlation factor with the satisfaction of foreign tourist petients is the service of the dentist factor.

Kata Kunci : Kesehatan Gigi,Mutu Pelayanan Dokter Gigi Praktek, service quality, private practice dentist, foreign visitor patient, patient’s satisfaction.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.