Laporkan Masalah

Pengaruh Spread Ratio dan Subscription terhadap harga saham dan volume perdagangan saham :: Studi peristiwa setelah masa penawaran Right Issue

WIYANTI, Rahma, Mahfud Sholihin, SE.,M.M.Acc

2005 | Tesis | S2 Akuntansi

Reaksi pasar ditunjukkan dengan adanya perubahan harga dan volume perdagangan saham dari sekuritas bersangkutan. Reaksi ini dapat diukur dengan menggunakan return sebagai nilai perubahan harga dan Trading Volume Activity (TVA) untuk melihat aktivitas volume perdagangan saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui bagaimana reaksi harga dan volume perdagangan saham setelah cumdate akibat adanya right issue, 2) menguji apakah reaksi signifikan spread mempengaruhi harga dan volume perdagangan saham setelah cumdate, 3) menguji apakah perbandingan antara jumlah lembar saham baru terhadap saham lamanya akan mempengaruhi harga dan volume perdagangan saham setelah cumdate, 4) menguji apakah diskon harga pemesanan saham baru relatif terhadap saham lamanya akan mempengaruhi harga dan volume perdagangan saham setelah cumdate. Penelitian ini dilakukan secara purposive sampling, sampel penelitian ini antara lain: periode event date (tahun right issue) tidak bersamaan dengan kejadian lain yang secara langsung berpengaruh terhadap harga saham (misalnya stock split, deviden saham, saham bonus) sehingga tidak terpengaruh oleh faktor-faktor lain. Selain itu, perusahaan tersebut memiliki data yang lengkap selama periode penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) pasar merespon positif dan signifikan terhadap kebijakan right issue selama dan setelah cumdate pada t(-5,+5) disebabkan pasar menangkap adanya informasi yang menguntungkan bagi investor. Respon positif tersebut konsisten pada periode pengamatan yang lebih panjang (long event windows) terlihat dari return saham dan volume perdagangan saham (TVA) yang meningkat dan signifikan, 2) spread tidak berpengaruh terhadap return saham untuk periode yang lebih pendek. pada periode yang lebih panjang spread berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham. Akan tetapi spread tidak berpengaruh terhadap volume perdagangan saham (TVA) baik untuk periode yang lebih pendek (short event windows) maupun periode yang lebih panjang (long event windows). 3) ratio memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap return saham dan volume perdagangan saham (TVA). Kebijakan right issue menyebabkan saham yang beredar di pasar semakin banyak. Akan tetapi harga saham tidak mengalami tekanan diduga saham yang ditawarkan adalah saham yang berkualitas. Akan tetapi untuk periode yang lebih panjang ratio tidak berpengaruh terhadap return saham. 4) subscription tidak berpengaruh terhadap return saham begitu juga terhadap volume perdagangan saham. Akan tetapi secara statistik, koefisien subscription untuk periode yang lebih pendek adalah positif sedangkan untuk periode yang lebih panjang adalah negatif. 5) spread merupakan variabel yang konsisten pengaruhnya terhadap return saham untuk periode yang lebih panjang. Hal ini disebabkan harga saham yang ditawarkan emiten (offer) lebih besar daripada harga saham yang diminta pasar (bid) setelah cumdate sehingga berpengaruh negatif terhadap return saham dan signifikan. Pada periode yang lebih panjang variabel ratio dan subscription tidak berpengaruh terhadap return saham secara signifikan. 6) ratio merupakan variabel yang konsisten pengaruhnya terhadap volume perdagangan saham (TVA). Pada periode yang lebih panjang ratio tetap mempengaruhi volume perdagangan saham (TVA) secara positif dan signifikan. Sedangkan spread dan subscription tidak berpengaruh terhadap volume perdagangan secara signifikan.

React the market shown with the existence of price change and volume of share commerce from pertinent sekuritas. React this measurable by using return as value of price change and Trading of Volume Activity ( TVA) to see the activity of volume of share commerce. The objectives this research are: 1) knowing how reaction of price and volume of share commerce after cumdate effect of right issue, 2) testing what reaction of signifikan spread influence the price and volume of share commerce after cumdate, 3) testing what comparison between new share sheet amount to duration share will influence the price and volume of share commerce after cumdate, 4) testing what discounted by a new share ordering price relative to duration share will influence the price and volume of share commerce after cumdate. This research is conducted by purposive sampling, this sampel research for example: period of event date ( year of right issue), not at the same time with the other, dissimilar occurence which directly have an effect on to share price ( for example stock split, deviden share, bonus stock) so that didn’t affected by other. Others, the company own the complete data during research period. Result of this research are: 1) positive market reaction and signifikan to policy of right issue, during and after cumdate t(-5,+5) caused a market catch the existence of information which to the advantage of investor. the Positive Respon consistent at longer perception period ( long event windows) seen from return of share and volume of share commerce ( TVA) mounting and signifikan, 2) spread don’t have an effect on to return share for the period of shorter. At longer period of spread have an effect on the negativity and signifikan to return share. However spread didn’t an effect on to volume of share commerce ( TVA) a good to shorter period ( short event windows) and also longer period ( long event windows), 3) ratio give the positive influence and signifikan to return of share and volume of share commerce ( TVA). Policy of Right issue cause stock out standing in market of more and more. However share price don’t experience of the pressure anticipated a share which on the market share which with quality. However for the period of longer ratio haven’t an effect on to return share, 4) subscription didn’t an effect on to return share so also to volume of share commerce. However statistically, coefficient subscription for the period of shorter is positive while for the period of longer is negativity, 5) spread represent the consistent variable, its influence to return share for the period of longer. This matter’s caused a share price which on the market emiten (bigger offer) than share price asked by market ( bid) after cumdate so that have an effect on the negativity to return of share and signifikan. At longer period of variable of ratio and subscription don’t have an effect on to return share by signifikan, 6) ratio represent the consistent variable, its influence to commerce volume.

Kata Kunci : Harga Saham, Perdagangan Saham, Spread Ratio dan Subscription.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.