Analisis terhadap bisnis Factory Outlet (FO) ditinjau dari aspek Hak Atas Kekayaan Intelektual, perlindungan konsumen dan persaingan usaha tidak sehat
WIDIATAMA, Yusdian, Prof.Dr. Nindyo Pramono, SH.,MS
2005 | Tesis | S2 Ilmu Hukum (Magister Hukum Bisnis)Penelitian yang hasilnya dituangkan dalam tesis ini merupakan penelitian hukum normatif. Penelitian tersebut dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan pustaka dan didukung pula dengan penelitian di lapangan melalui wawancara dengan pengelola atau pemilik dari FO dan Department Store serta masyarakat selaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah produk-produk yang bermerek terkenal yang dijual di FO berasal dari perusahaan pemegang merek yang bersangkutan, dalam artian dapat diketahui apakah merek yang melekat pada suatu produk adalah merek asli dan tidak ada unsur penipuan atau pemalsuan merek. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah pengelola FO memahami mengenai aturan-aturan merek dan perlindungan konsumen, bila dikaitkan dengan produk yang dijualnya dan tanggung jawabnya kepada konsumen. Tujuan yang terakhir dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kemunculan FO mempengaruhi pelaku bisnis lainnya yang sejenis, dalam artian dapat diketahui adakah keluhan dari pelaku bisnis di luar FO menanggapi masalah harga dari produk-produk yang dijual di FO serta mengetahui apakah ada indikasi terjadinya persaingan usaha tidak sehat yang disebabkan oleh kemunculan FO tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. merek-merek asing maupun lokal yang melekat pada produk yang dijual di FO adalah merek asli karena berasal langsung dari pabrik yang memproduksi produk tersebut; 2. tidak dijumpai adanya keluhan dari konsumen atas produk yang dijual di FO karena secara umum konsumen merasa puas; 3. tidak ada indikasi terjadinya persaingan usaha tidak sehat antara FO dengan pelaku bisnis lainnya bila dikaitkan dengan masalah perbedaan harga jual karena adanya pemotongan jalur distribusi barang dari pabrik hingga ke FO.
The research for this thesis is juridical normative, which was conducted by studying literatures and was completed with an interview with manager or owner of FO and Department Store also society as consumer. The objective of this research is to know whether the products that has the famous trademarks sold at FO come from the trademark owners. Beside that, this research aims to know whether the manager of FO understands about the rules of trademark and consumer protection, if related with products sold and responsibility to consumers. The last purpose of this research is to know whether the appearance of FO influences other business actors of the same type, in the meaning there is complaint from other business actors outside FO concerning the price of products sold at FO and then to know whether there is indication of unfair business competition because of FO. The results of this research are: 1. the foreign or local trademarks that exist on products sold at FO are original because they comes from that factory which produced the products; 2. there is no complaints from consumer about products sold at FO; 3. there is no indication of unfair business competition between FO with the other business actors relating to the different sales price because there is a shortcut of the distribution of goods from factory to FO.
Kata Kunci : Hukum Dalam Bisnis,HAKI dan Perlindungan Konsumen,Factory Outlet, factory outlet, trademark, consumer protection, business competition