Laporkan Masalah

Rencana stratejik pemasaran Bapel JPKM PT Husada Mandiri berbakti Klaten

BUDIWIBOWO, Limawan, Prof.dr. Ali Ghufron Mukti, MSc.,PhD

2005 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Belakang : Badan Penyelenggara Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat PT Husada Mandiri Berbakti Klaten ( Bapel JPKM PT HMB Klaten ) berdiri dan operasional sejak tahun 1997, tetapi cakupan peserta saat ini baru mencapai 27,87% dari jumlah penduduk di Kabupaten Klaten. Hal tersebut disebabkan oleh karena pemasaran dan dukungan lintas sektoral yang belum optimal, serta perilaku masyarakat yang belum mendukung berkembangnya program JPKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk menetapkan perencanaan stratejik pemasaran Bapel JPKM PT HMB Klaten. Metode : Rancangan penelitian ini adalah studi kasus eksploratif. Data diperoleh dari wawancara mendalam, kuesioner, penelusuran dokumendokumen, dan Focus Group Discussion. Responden adalah Badan Pembina ( Bapim ), Dewan Komisaris, Dewan Direksi, Pemberi Pelayanan Kesehatan ( PPK ), dan koordinator JPKM Bapel JPKM PT HMB Klaten. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil : Kandungan misi yang ada saat ini masih kurang jelas. Bapel JPKM PT HMB Klaten menghadapi peluang yang cukup besar tetapi pada sisi lain menghadapi kelemahan internal, meskipun mempunyai kekuatan, dan juga harus menghadapi ancaman dari luar. Kesimpulan dan rekomendasi : Perlu diadakan perubahan misi agar lebih jelas sasaran dan lingkup kompetisi utama di mana perusahaan berada. Hasil analisis SWOT adalah posisi perusahaan berada pada kuadran III yang menggambarkan lebih banyak kelemahan dan peluang dibandingkan dengan kekuatan dan ancaman, maka disarankan untuk melakukan strategi putar haluan (turn-around) yaitu dengan melakukan minimalisasi kelemahan– kelemahan internal. Selain itu Bapel JPKM PT. HMB Klaten perlu melakukan repositioning, membuat rencana stratejik berorientasi pelanggan (diferensiasi, strategi penganekaragaman produk, strategi inovasi produk, strategi peningkatan pelayanan) dan rencana stratejik berorientasi pesaing (strategi kepemimpinan biaya menyeluruh, aliansi strategi: aliansi produk/jasa melalui sub kontrak/TPA dan aliansi promosi).

Background: Health Maintenance Organization of PT. Husada Mandiri Berbakti (PT. HMB) Klaten, has been developed and functioned since 1997, yet the coverage remained 27,87% of population of Klaten District who become the member. This low coverage caused by marketing and inter sector support which were not optimal, moreover community behavior was not supporting the development of managed care program. Aim of this study was to design the marketing strategic plan of health maintenance organization, PT. HMB Klaten. Methods: Explorative study was applied in this research. Data collected using indepth interview, questionnaire, document reviewing, and focus group discussion. The respondents of this study were Supervisory Board (Bapim), Commissioner Council, Director Council, Health Service Delivery (PPK), and Coordinator of PT. HMB Klaten managed care. Qualitative data analysis and descriptive quantitative was done. Results: Mission of the organization is not clear yet. Health organization management of PT. HMB Klaten has big opportunity but has big internal weakness, although has strength and has external threath. Conclusion and Recommendation: The mission need to be modified, which may resulting the clearness of the aims of the organization and the main competence needed where the organization operate. SWOT analysis results shows the organization position is in quadran III of Cartesian diagram which more weakness and opportunity than strength and treath, it is suggested that turn-around strategic by minimizing the internal weaknesses applied in the organization. Beside that, Health Maintenance Organization of PT. HMB Klaten need to perform repositioning, make strategirs plan which oriented to customer (deferentiation, the various strategic product, the innovation strategic product, the serve increased product) and the strategic plan that oriented to the competitor (overall cost strategic, the alliance strategic: the alliance product enclose subcontracts/TPA and the promotion alliance).

Kata Kunci : Asuransi Kesehatan, JPKM, Strategi Pemasaran


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.