Laporkan Masalah

Analisis pengetahuan pelayanan asuhan kesehatan gigi dan keterampilan klinik-klinik kuratif mahasiswa berdasarkan perbedaan latar belakang pendidikan di Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Yogyakarta

KASIHANI, Ni Nyoman, dr. Kristiani, SU

2005 | Tesis | S2 Ilmu Kedokteran Gigi

Latar belakang pendidikan yang berbeda, akan berbeda pula dasar ilmu yang dimiliki sesuai dengan pendidikan yang ditempuh sebelumnya. Mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SPRG sudah memiliki dasar pengetahuan dan keterampilan klinik dalam bidang kesehatan gigi, sedangkan mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMU tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sama. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengetahuan dan keterampilan klinik kuratif antara mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMU dan SPRG, serta hubungannya dengan karakteristik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan cross sectional dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI yang menjadi peserta Ujian Akhir Program di JKG Poltekkes Yogyakarya. Mahasiswa yang memiliki latar belakang pendidikan SMU berjumlah 31 orang dan yang berlatar belakang pendidikan SPRG 42 orang. Alat ukur penelitian berupa kuesioner, ceklis keterampilan klinik dan pedoman wawancara terstruktur. Data dianalisis dengan Student t-test dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan bermakna antara pengetahuan pelayanan asuhan mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMU dan SPRG (p=0,077). Mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SPRG memiliki keterampilan klinik kuratif yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMU (p=0,002). Karakteristik mahasiswa yaitu motivasi, NEM lulus SMU dan pendidikan SMU/SPRG memiliki hubungan yang bermakna dengan pengetahuan pelayanan asuhan, sedangkan umur, sudah/belum bekerja dan masa kerja tidak memiliki hubungan yang bermakna. Karakteristik mahasiswa yaitu motivasi, pendidikan SMU/SPRG dan masa kerja memiliki hubungan bermakna dengan keterampilan klinik kuratif, sedangkan variabel umur, sudah/belum bekerja dan NEM lulus SMU tidak memiliki hubungan yang bermakna. Dapat disimpulkan, bahwa tidak ada perbedaan pengetahuan pelayanan asuhan kesehatan gigi antara mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMU dan SPRG, namun keterampilan klinik kuratif mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SPRG lebih baik.

Differences in education background result in knowledge and skill development during the higher education. Students educated in dental nursing school have learned basic clinical knowledge and skills in dental care, while students educated in high school do not have similar knowledge and skills. This research is done to know whether there are significant differences in knowledge and skills of curative dental care between students with different education backgrounds and whether the differences are associated with the characteristics of students. This research is a cross sectional survey, which facilitate quantitative and qualitative data analysis. The subjects of the research were all students of the 6th semester who participated in the final exams at Dental Health Department of Yogyakarta Polytechnic. There were 31 students with high school background, while 42 students had dental nursing background. Research instruments used in this study consisted of structured questionaire, guidelines interviews and checklist to observe clinical skills. Differences in mean were analyzed with t-test, and multiple regreeion analysis was used to estimate the effects of educational backgrounds and the factors on the knowledge and skills of the students. The results of the study indicated that there was no significant difference in the knowledge about dental nursing between students with higher school background and with dental nursing school background (p=0,077). Students with dental nursing school background showed better skills in curative dental care than those with high school background (p=0,002). Characteristics of students, including motivation, education background, and the score of the final exams at high school predict significantly the knowledge about dental nursing care. Age, work status and length of employment did not affect knowledge and skills on dental nursing care. It is concluded that dental nursing school education only improved the skills of students in higher nursing education, compared to those with high school background. Other factors, motivation and high school performance should be taken into account as these factors significantly affected knowledge and skills in higher nursing education.

Kata Kunci : Gigi, Ketrampilan Klinik Kuratif, Latar Belakang Keilmuan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.