Analisis kebisingan lalulintas pada ruas jalan di sekitar Kampus Universitas Gadjah Mada
SALAHUDDIN, Dr.Ir. Sigit Priyanto, M.Sc
2005 | Tesis | Magister Sistem dan Teknik TransportasiPermasalahan transportasi selain kemacetan dan kecelakaan lalulintas, juga merupakan permasalahan lingkungan yang berupa polusi udara, kebisingan dan getaran. Pada penelitian ini yang menjadi objek adalah kebisingan. Kebisingan dapat diartikan sebagai bunyi yang tidak diinginkan. Kebisingan lalulintas sangat berhubungan dengan jumlah kendaraan, kecepatan, dan jenis kendaraan. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk menganalisa kebisingan lalulintas pada ruas jalan di sekitar Kampus Universitas Gadjah Mada, gunanya untuk membatasi jenis kendaraan yang masuk kelingkungan kampus, membatasi kecepatan dengan dasar perbandingan volume kendaraan, perbandingan kecepatan dan perbandingan tingkat kebisingan, serta melakukan pemodelan, dengan model kebisingan dasar dan model koreksi kebisingan. Cara penelitian dengan melakukan survei lapangan dengan untuk mendapatkan data volume kendaraan dari beberapa volume kendaraan dan pengukuran kecepatan dengan menggunakan alat “speed gun†serta pengukuran tingkat kebisingan dengan alat “sound level meterâ€. Cara analisis dengan menggunakan alat bantu komputer dengan menggunakan program SPSS untuk mendapatkan hasil yang valid. Hasil dari penelitian ini didapatkan model kebisingan dasar, dan model koreksi kebisingan, dengan model ini didapat, untuk model kebisingan kecepatan 35 km/jam untuk Jalan Kesehatan, dan Jalan Kaliurang dengan kecepatan 37 km/jam. Serta model koreksi berlaku untuk kecepatan diluar 35 km/jam pada Jalan Kesehatan dan kecepatan diluar 37 km/jam pada Jalan Kaliurang. Hasil penelitian bahwa model kebisingan dasar untuk jalan kesehatan dan jalan kaliurang adalah: Y=75.595 + 1.225 Log Q dan Y = 78.127 +1.829 Log Q, dengan model ini agar dapat digunakan sebagai acuan meramal data yang akan datang, dan model ini hanya berlaku pada Jalan Kesehatan dan Jalan Kaliurang yang berada di sekitar Kampus Universitas Gadjah Mada
Besides traffic jam and accident, transport problem is also an environmental problem which includes air pollution, noise and vibration. In this research, the object was the traffic noise. Noise can be defined as an undesirable sound. Traffic noise greatly relates to vehicular traffic flow, traffic speed and type of vehicle. This research aimed to analyze the traffic noise on road sections around the University of Gadjah Mada in order to restrict the type of vehicle which may pass in that campus, limit traffic speed considering ratio of traffic flow volume, ratio of traffic speed, and ratio of noise level, and to develop models which are basic level noise model and noise correction model. The method of this research was field survey to obtain traffic flow volume, to measure traffic speed using speed gun device and to measure noise level using sound level meter. The analysis was done by using SPSS software to obtain a valid result. The result of this research shown a basic noise level model and noise correction model. From these models, it was also obtained traffic noise model for the speed of 35 kph at Jl. Kesehatan and at Jl. Kaliurang for the speed of 37 kph. The models are valid for the speed above 35 kph at Jl. Kesehatan and speed above 37 km kph at Jl. Kaliurang. Based on this research, the noise model for Jl. Kaliurang : Y=75.595+1.225 Log Q and Jl. Kesehatan : Y=78.127+1.829 Log Q can be used to predict the future condition and these models can only be valid for those two streets around the campus of University of Gadjah Mada.
Kata Kunci : Jalan Raya,Kebisingan Lalu Lintas,Kampus UGM, noise, model, road section, University of Gadjah Mada, measurement