Laporkan Masalah

Strategi penguatan merek menuju pengelolaan merek jangka panjang Suzuki Escudo 2.0

YOGA, Hendarto Eka, Drs. Gunawan Adisaputro, MBA

2005 | Tesis | Magister Manajemen

Pemasaran dewasa ini merupakan suatu pertempuran persepsi konsumen dan tidak lagi sekadar pertempuran produk. Persepsi tidak hanya bergantung pada rangsangan fisik tetapi juga pada rangsangan yang berhubungan dengan lingkungan sekitar dan keadaan individu yang bersangkutan. Kata kunci dalam definisi persepsi adalah individu. Orang dapat memiliki persepsi yang berbeda atas obyek yang sama. Membangun persepsi dapat dilakukan melalui merek. Merek yang prestisius dapat disebut memiliki brand equity (ekuitas merek) yang kuat. Suatu produk dengan brand equity yang kuat dapat membentuk brand platform (landasan merek) yang kuat dan mampu mengembangkan keberadaan suatu merek dalam persaingan apapun dalam jangka waktu yang lama. Pengelolaan merek yang efektif membutuhkan pengambilan keputusan pemasaran jangka panjang. Sudut pandang jangka panjang dari pengelolaan merek mengenali setiap perubahan dalam pasar mendukung program pemasaran untuk suatu merek. Ekuitas merek diperkuat dengan tindakan pemasaran yang secara konsisten menyampaikan pengartian merek kepada konsumen. Memperkuat merek merupakan strategi internal perusahaan dalam memperkuat merek yang dijual oleh perusahaan mengikuti situasi yang ada di dalam pasar.

Marketing to day is not only the battle of the consumer’s perseption and product. Perseption is not only depend to the phisical stimulation but the stimulation from the environtment and the individual’s situation. The key word in the perseption is individual. People have the different perception about the same object. Building the perseption can be did by brand. The prestige brand can be said has the strong brand equity. The product with the strong brand equity can be composed the strong brand platform and can be expand the existance the brand in anything competitive for long time. The effective brand management requires taking a long term view of marketing decisions. A long term perspective of brand management recognizes that any changes in supporting marketing program for a brand may. Brand equity is reinforced by marketing action that consistently convey the meaning of brand to consumer. Brand reinforcement is the internal company strategy to reinforce the brand that is sold by company with follows the situation in the market.

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Penguatan Merek,Suzuki Escudo 20, brand equity, brand management, brand reinforced


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.