Laporkan Masalah

Analisis sikap konsumen terhadap produk tabungan rencana Mandiri :: Studi pada PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Cabang Jakarta Patra Jasa

ISNARTI, Dini, Drs. Gunawan Adisaputro, MBA

2005 | Tesis | Magister Manajemen

Persaingan di industri perbankan saat ini menuntut agar bank dapat senantiasa mampu menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Pertimbangan nasabah dalam berinvestasi saat ini bukan saja keuntungan di masa datang melainkan juga tersedianya fasilitas proteksi (perlindungan asuransi). Hal yang menjadi perhatian adalah adanya jaminan kepastian finansial di masa datang. Dalam rangka memenuhi kebutuhan nasabah tersebut, PT Bank Mandiri (Persero),Tbk, mulai bulan Maret 2004, meluncurkan produk tabungan dengan proteksi asuransi yaitu Tabungan Rencana Mandiri. Tujuan peluncuran produk ini adalah untuk cross selling dengan produk Tabungan Mandiri dan Giro Mandiri. Atribut yang melekat pada produk Tabungan Rencana Mandiri merupakan daya tarik bagi konsumen agar berminat untuk mengikuti program ini. Penelitian dalam tesis ini bertujuan untuk mengetahui atribut apa saja yang dianggap penting oleh nasabah Tabungan Mandiri terhadap produk Tabungan Rencana Mandiri serta untuk mengetahui sikap nasabah tersebut terhadap produk Tabungan Rencana Mandiri. Objek penelitian ini adalah produk Tabungan Rencana Mandiri dan penelitian dilakukan dengan metode survey di Bank Mandiri Cabang Jakarta Patra Jasa. Mengingat tujuan peluncuran produk Tabungan Rencana Mandiri ini adalah untuk cross selling dengan produk Tabungan Mandiri dan Giro Mandiri , maka yang menjadi responden penelitian ini adalah pemilik rekening Tabungan Mandiri Cabang Jakarta Patra Jasa. Model yang digunakan dalam penelitian sikap konsumen ini adalah Fishbein’s Multiattribute model.. Adapun atribut yang diteliti adalah setoran wajib bulanan, biaya premi, benefit asuransi, suku bunga dan fleksibilitas penarikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap nasabah, dalam hal ini nasabah Tabungan Mandiri, terhadap produk Tabungan Rencana Mandiri, sangat baik, diperoleh skor 21.5. Hal ini menunjukkan bahwa nasabah memiliki sikap yang positif. Atribut yang dianggap paling penting oleh nasabah adalah benefit asuransi (28%), suku bunga (20%), setoran wajib minimum bulanan (18%), biaya premi (18%) dan fleksibilitas penarikan (16%).

Competition in banking industry requires bank to have ability to provide products that meet consumers needs. Consumer’s consideration in investing their money nowadays not only to gain profit but also to have protection (insurance protection). They need financial assurance for their future. For fullfilling that needs, PT Bank Mandiri (Persero), Tbk, since March 2004, launched saving product with insurance protection, called Tabungan Rencana Mandiri. One of the purpose of launching this product is for cross selling with Tabungan Mandiri and Giro Mandiri. The attributes that Tabungan Rencana Mandiri has are the driver to the consumers to join this program. The research in this thesis has an objective to find out which attributes that favorable to customers and to find out what is consumer attitude toward Tabungan Rencana Mandiri product. The object of the research is Tabungan Rencana Mandiri and the research is using survey method in Bank Mandiri Jakarta Patra Jasa Branch. Considering the purpose of launching Tabungan Rencana Mandiri product is for cross selling with Tabungan Mandiri and Giro Mandiri product, the author chooses the consumer of Tabungan Mandiri in Jakarta Patra Jasa Branch as the respondents. The model that is used is Fishbein’s multiattribute model. The examined attributes are minimum monthly deposit, premium fee, insurance benefit, interest rate and withdrawal flexibility. The result from this research shows that consumers of Tabungan Mandiri in Jakarta Patra Jasa Branch atitude toward Tabungan Rencana Mandiri product is positive, with 21,5 score. The most important attributes perceived by consumers are first is insurance benefit (28%), interest rate (20%), minimum monthly deposit (18%), premium fee (18%) and withdrawal flexibility (16%).

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Perilaku Konsumen,Sikap,Produk Tabungan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.