Perumusan strategi, penyusunan program dan implementasi strategi Hotel Holiday-Inn Lombok dalam menghadapi persaingan global
FURKAN, Lalu M, Dr. Harsono, M.Sc
2005 | Tesis | Magister ManajemenEra globalisasi merupakan suatu era dimana batas suatu negara tidak lagi menjadi kendala untuk persaingan bis nis. Seperti halnya industri yang lain, industri perhotelan juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi era globalisasi. Untuk industri perhotelan di Indonesia khususnya Pulau Lombok , persaingan di era global kemungkinan akan dimulai dengan persaingan industri perhotelan negara-negara Asia Tenggara karena adanya gagasan untuk menjadikan kawasan Asia Tenggara menjadi salah satu kawasan tunggal dunia. Gagasan ini muncul dalam Asean Tourism Forum ( ATF) pada Februari 2002. Kondisi ekonomi yang belum membaik, ancaman masuknya pendatang baru, kekuatan tawar menawar konsumen yang besar, aksi terorisme dan masih kalahnya pengelolaan pariwisata Indonesia dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya merupakan beberapa faktor eksternal yang menyebabkan semakin ketatnya persaingan dalam industri perhotelan. Hal ini kurang menguntungkan bagi kelangsungan usaha Hotel Holiday-inn Lombok . Kondisi internal Hotel Holiday-inn Lombok cukup baik meskipun tedapat beberapa kekurangan yang masih perlu untuk diperbaiki. Hotel Holiday-inn Lombok memiliki kemampuan( capability) yang baik dalam bidang pemasaran, sumber daya manusia, dan jasa pelayanan. Untuk mengantisipasi era globalissi terutama perubahan lingkungan eksternal dan internal , Hotel Holiday-inn Lombok dapat menerapkan strategi pengembangan produk ( untuk jangka pendek) dan strategi biaya terbaik ( untuk jangka panjang). Untuk dapat melaksanakan kedua strategi ini ada beberapa program yang perlu dilaksanakan oleh pihak manajemen. Terakhir, dilanjutkan dengan melaksanakan sembilan tugas dalam tahap implementasi strategi
The era of globalization is a borderless era where a nation’s border is no longer a stumbling block for business competition. Like any other business, hotel industry should prepare itself to face the challenges of globalization era. For this industry in Indonesia, especially in Lombok, competition is started in South East Asian Region to be a single tourism region in the world. This idea came up on Asean Tourism Forum( ATF ) in February 2002. Economic condition that hasn’t get better, the threat of new entries, bargaining power of buyer , terrorism act, and a relatively weak Indonesia Tourism Management compares to others South East Asian Countries, are counted as external factors that tighten the competition. It is not a good signal for Hotel Holiday-inn Lombok . The internal condition of Hotel Holiday-inn Lombok is good even though there are some weaknesses that need to be fixed. Several strength of Hotel Holiday-inn Lombok are marketing, Human Resource and its service. To face the globalization era, especially the internal and external factors that always change, Hotel Holiday-inn Lombok could apply Product Development Strategy ( for short term) and Best Cost Provider Strategy ( for long term). To be able apply both of them there are several programs that are need to be done by its management . Finally it is continued by doing nine tasks of strategy implementation.
Kata Kunci : Strategi Perusahaan,Perhotelan,Internal dan Eksternal,Strategy, External analysis, Internal analysis, Strategy formulation, Strategy Implementation