Laporkan Masalah

Analisis strategi Adira Finance dalam menghadapi persaingan bisnis

LIMAWAN, Randy, Dr. Supriyadi, M.Sc

2005 | Tesis | Magister Manajemen

Industri pembiayaan konsumen merupakan industri ritel yang sangat dinamis, memiliki potensi pasar yang besar, padat karya, sarat teknologi informasi dan keahlian manajemen, memerlukan dana atau modal yang besar, serta memiliki risiko kegagalan yang besar bila tidak dikelola dengan hati-hati. Dalam menghadapi situasi bisnis yang menawarkan begitu banyak peluang tersebut, Adira Finance sebagai salah satu pemain inti dalam industri pembiayaan konsumen, berupaya mengukuhkan posisinya sebagai yang terbaik. Untuk itu Adira Finance memandang perlu membuat strategi bisnis yang tepat untuk meningkatkan kapabilitas perusahaan dalam menghadapi persaingan dan perubahan lingkungan di masa yang akan datang. Strategi bisnis ini disusun berdasarkan informasi tentang peluang-ancaman dan kekuatan-kelemahan yang dimiliki perusahaan. Analisis strategi inilah yang dijadikan tujuan penulisan tesis ini, yakni dengan melakukan analisis eksternal dan internal Adira Finance di tengah persaingan industri dan melakukan analisis strategi bisnis yang diambil Adira Finance berdasarkan identifikasi faktor eksternal dan internal, evaluasi hasil, dan rekomendasi strategi. Bertitik tolak dari hasil analisis pada tesis ini, yang secara kuantitatif dianalisis dengan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), diperoleh hasil bahwa strategi pengembangan pasar lebih tepat dalam menghadapi peluang dan ancaman yang mungkin timbul berdasarkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki Adira Finance.

Consumer Financing is a very dynamic retail industry with great market potential, labor-intensive, full of information technology and management expertise, needs a lot of capital and also high risk if it is not managed prudentially. In facing business situation that offers many opportunities, Adira Finance as one of the main players in this industry, tries to put itself as the best. In order to achieve it, Adira Finance considers to create appropriate business strategy to enhance company capability in facing competition and environment change in the future. This business strategy is based on information about company’s opportunity-threat and strength-weakness. This strategy analysis becomes goal of this thesis writing, i.e.: by doing external and internal analysis for Adira Finance in industry competition and to analize business strategy Adira Finance chose accordingly to external and internal factor identification, result evaluation and strategy recommendation. Based on the result of analysis in this thesis, which quantitatively analyzed with Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), it comes to a conclusion that market development strategy is more appropriate in facing opportunities and threats that might occur with Adira Finance’s strengths and weaknesses.

Kata Kunci : Analisis strategi, Industri pembiayaan konsumen, QSPM, Strategy analyses, multifinance industry


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.