Evaluasi strategi bersaing PT Bank Central Asia tbk (BCA) dalam industri perbankan nasional
PASARIBU, Hisar Pontas H, Dr. Bambang Riyanto LS., MBA
2005 | Tesis | Magister ManajemenDunia bisnis Indonesia pada masa depan akan berada di tengah-tengah suasana dunia yang berubah dengan cepat dan mengandung ketidakpastian. Perubahan dan perkembangan dunia telah menyebabkan perubahan yang sangat cepat di segala bidang termasuk dunia perbankan Indonesia. Hal tersebut berpengaruh terhadap manajemen strategi yang diterapkan oleh perusahaan untuk memenangkan persaingan yang semakin tajam. Untuk itulah, analisis faktor-faktor eksternal dan internal sangat diperlukan untuk pengambilan keputusan strategi perusahaan. Tujuan penulisan penelitian ini adalah mencoba mengidentifikasikan dan menganalisa lingkungan Industri perbankan yang mempengaruhi perubahan strategi PT. Bank Central Asia, Tbk, menganalisa kecocokan strategi perusahaan dalam perubahan situasi dan lingkungan industri perbankan, dan juga mengalisa kecocokan strategi terhadap visi, misi dan tujuan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (Descriptive research ), dan menggunakan analisis data kualitatif (analisis non statistika) mengacu pada Porter’s five forces , analisa driving forces, strategic group maps, key success factors (KSFs), dan competitive attractiveness. Dari hasil analisis tersebut didapatkan kesimpulan bahwa strategi yang diterapkan oleh perusahaan saat ini masih dapat terus dilakukan sesuai dengan visi, misi dan tujuan perusahaan. Dengan menerapkan strategi tersebut, diharapkan perusahaan dapat mengantisipasi perubahan yang ada dan dapat memenangkan persaingan yang semakin tajam di masa yang akan datang.
In the future, business in Indonesia will face rapid change and uncertainty conditions. That condition will affect to every business sectors including Banking. It also influences company’s management strategy that is applied to win competition. Therefore, analysis of external and internal factors is needed to make strategic decision. This research aims to identify and analyze the enviroment of banking industry that became triggers to the strategy changing of the PT. Bank Central Asia, Tbk, to analyze the suitability of company strategy to the changing of the business environment to examine the suitability of company strategies to the company vision and mission as well. This research is descriptive research and use qualitative data analyze (non statistical) with Porter’s five forces method and driving forces, strategic group maps, key success factors (KSFs), and competitive attractiveness analyze. After having analyze external and internal factors, it is found out that recent company’s strategy still can be applied in the future based on vision, mission, and objectives. The purpose of those strategies is to anticipate rapid changes and to win high competition in the future.
Kata Kunci : Strategi Bersaing,Industri Perbankan,Evaluasi,External factor analysis (industry) , internal aspect of banking analysis, evaluating strategy, differentation strategy