Laporkan Masalah

Analisis industri operator selular GSM di Indonesia

KOROMPIS, John F, Dr. Bambang Riyanto LS., MBA

2005 | Tesis | Magister Manajemen

Industri telekomunikasi khususnya telepon selular di Indonesia saat ini sedang mengalami masa pertumbuhan. Kondisi wilayah geografis dan populasi penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 200 juta jiwa, menjadi suatu pasar yang sangat potensial. Industri selular GSM di Indonesia, terbagi dalam dua bentuk layanan, yaitu pra-bayar dan pasca bayar. Investasi pengembangan jaringan bisnis dan wilayah cakupan dengan jumlah operator selular GSM yang sedikit, membuat tingkat intensitas persaingan diantara para operator semakin ketat. Operator selular bersaing untuk menarik minat konsumen melalui beragam strategi, antara lain dengan mengaplikasikan teknologi GSM terbaru maupun strategi marketing yang tepat untuk memperoleh pangsa pasar baru. Tulisan ini berupaya membahas mengenai industri operator selular GSM secara menyeluruh meliputi pangsa pasar yang ada, prediksi pertumbuhan, persaingan dan tingkat atraktivitas industri. di masa depan setelah diberlakukannya regulasi sektor telekomunikasi yang baru

Telecommunications industry, especially cellular phone in Indonesia is continuing to growth right now. Indonesia geographical and demographical condition, with population more than 200 millions people, becomes a very potential market. GSM cellular industries in Indonesia are divided in two forms of services, which are pre-paid and post paid. High investments cost for network development and large coverage area with only few GSM operators have made the competition intensity among the operators are tight. Cellular operators are competing to attract customer’s attention trough many strategies, such as adapting newest GSM technology or the right marketing strategies to grip new market. This paper is discussing about the GSM cellular operator industry overview that includes the existing market share, growth projections, competition and industry attractiveness in the future under the new telecommunication regulation.

Kata Kunci : Strategi Perusahaan,Industri Seluler,Teknologi GSM, Cellular Industry, GSM, pre paid, post paid, SIM Card, Base Transceiver Station (BTS).


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.