Analisis strategi bersaing perusahaan perhotelan Syariah PT Sofyan Hotels-Jakarta
HANIA, Dr. Gudono, MBA
2005 | Tesis | Magister ManajemenPerubahan Iingkungan bisnis pada saat ini menuntut PT Sofyan Hotels sebagai hotel syariah untuk merumuskan strategi bersaing yang tepat, sehingga dapat bertahan dalam persaingan. PT Sofyan Hotels melakukan konsolidasi internal dengan mereposisikan manajemen bisnis hotel yang dijalamkan menjadi manajemen hotel yang berbasis syariah Islam. Basis syariah Islam ini kemudian dijadikan sebagai budaya perusahaan dan diaktualisasikan ke dalam bentuk penyediaan sarana hotel yang lebih Islami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor eksternal dan internal yang berpengaruh pada kondisi persaingan, menean alternatif strategi yang paling cocok dan merekomendasikan alternatif strategi bersaing yang terbaik yang dapat dipilih oleh PT Sofyan Hotels. Analisis lingkungan eksternal dilakukan dengan menggunakanfiveforces model dan Porter dan analisa lingkungan makro, sementara untuk analisis lingkungan internal menggunakan analisis value chain. Penulis juga menggunakan analisa core competence dan key success factors, dan untuk mengetahui posisi perusahaan dan merekomendasikan alternatif strategi maka digunakan analisa SWOT dan TOWS. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa kekuatan yang dimiliki oleh PT Sofyan Hotels lebih besar dibandingkan kelemahannya, sementara peluang yang dimiliki juga lebih besar jika dibandingkan dengan ancaman yang dihadapi oleh perusahaan, dan penelitian ini menyimpulkan bahwa PT Sofyan Hotels sebaiknya menjalankan strategi best cost provider untuk meraih keunggulan bersaing, dengan memanfaatkan kekuatan internal yang diiniliki oleh perusahaan untuk memanfaatkan peluang eksternal, dan mengatasi ancaman lingkungan dalam menghindari kelemahan internal perusahaan.
PT Sofyan Hotels performed internal consolidation by repositioning the hotel business management which has changed into hotel management based on Islamic shariah. The Islamic shariah base was then made into new corporate culture and then actualized into provisión of hotel facilities which is more Islamic. The changes in the business environment faced by the hotel industry force PT Sofyan Hotels as the shariah hotel tó redefine its competitive strategy properly so that it can survive n the competition. This research objectives are to identified external and internal factors which has influence the company competitive condition, try to find the fit alternative strategies and to recommend the best strategy to be choose by PT Sofyan Hotels. Macro environment and five forces model that proposed by Porter are used in the external environment analysis, meanwhile the internal environment analysis uses value chain analysis. The researcher also used core competence and key success factors analysis, and applies the SWOT and TOWS to analyze the company’s position and also to find the alternative strategies for the company. From the SWOT analysis, it shows that the company’s strength is bigger than its weakness, and the company’s opportunity is bigger than its threat and this research conclude that PT Sofyan Hotels should execute the best cost provider strategy, in order to gain competitive advantage by use its internal strengths in exploiting environment opportunities and neutralizing environmental threats, while avoiding internal weaknesses.
Kata Kunci : Strategi Bersaing,Perhotelan Syariah,competitive strategy, business environment, shariah