Identifikasi atribut produk yang mempengaruhi keputusan pembelian pemasang iklan display di Tabloid Bola
WIRADIATMA, Dr. BM. Purwanto, MBA
2005 | Tesis | Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut – atribut produk yang mempengaruhi keputusan pembelian dari pemasang iklan display di Tabloid BOLA, serta mengetahui atribut mana dari ketersediaan ukuran, ketersediaan halaman warna dan pemilihan percetakan, letak iklan, pelayanan untuk iklan interaksi, jangkauan distribusi, readership, oplah, popularitas, dan harga iklan yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Dalam penelitian ini dipilih responden – responden yang merupakan professional yang memiliki fungsi kerja sebagai Perencana media dalam perusahaan – perusahaan jasa penempatan dan pembelian iklan. Data diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam dengan para responden (Depth Interview). Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa atribut ketersediaan halaman warna dan pemilihan percetakan, letak iklan, jangkauan distribusi, readership, oplah, popularitas, dan harga iklan sebagai atribut produk yang mempengaruhi keputusan pembelian para responden, yang mana atribut letak iklan, jangkauan distribusi, readership dan harga iklan sebagai atribut produk yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Hasil dari penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi dasar untuk langkah lebih lanjut mengenai dalam strategi penetapan harga ruang iklan di Tabloid BOLA yang perlu disesuaikan dengan atribut – atribut produk yang memang dianggap penting oleh para pemasang iklan.
This study is intended to identify the products’ attributes that affecting the decision to buy of Tabloid BOLA’s advertising spaces buyers’ and furthermore to determine the dominant attributes amongst the advertising space size availability, color-page availability and the print company selected, the page chosen for the advertisement, additional service for interactive advertisement, distribution coverage, readership, average exemplar sold, popularity of the tabloid and the advertising rate attributes that affects their buying decision. The respondent chosen for this study are professionals that work in a planning – related background in a media service (buying and planning) agency. The data are acquired by conducting a depth interview with these respondents. The result of this study shows that the color – page availability and the print company selected, the page location of the advertisement, distribution coverage, readership, average exemplar sold, popularity of the tabloid and the advertising rate as the products’ attributes that affected the decision to buy of the respondents. Furthermore amongst these attributes, the page location of the advertisement, distribution coverage, readership, and the advertising rate are found as the dominant attributes. The result of this study is expected to be a useful guidance to Tabloid BOLA’s Management to accurately set their price in line with the products’ attribute that most-valued by the buyers.
Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Perilaku Konsumen,Atribut Produk dan Keputusan Membeli, product attributes, decision to buy, advertising space purchase, depth interview, price setting.