Laporkan Masalah

Emotional Bonding dalam membangun loyalitas konsumen terhadap program acara televisi Akademi Fantasi Indosiar :: Studi kasus pada Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

ROSIANA, Lina, Dr. BM. Purwanto, MBA

2005 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap fenomena terbentuknya Emotional Bonding dan Loyalty pada acara Akademi Fantasi Indosiar (AFI). Penelitian ini bersifat eksploratori (exploratory research), sehingga dapat diperoleh gambaran terhadap berbagai permasalahan atau variabel-variabel yang relevan dengan menggunakan metode analysis of selected cases, yang berfokus pada individu, dalam hal ini responden yang dapat memberikan insight mengenai AFI. Metode analisis dilakukan dengan In Depth Interview kepada 20 responden, yaitu mahasiswa UGM yang pernah menonton acara AFI. Keduapuluh responden dipilih karakteristik berdasarkan jenis kelamin, kelompok usia (18-30 tahun), status menikah, dan status pekerjaan. Analisis dilakukan berdasarkan model proses pengambilan keputusan yang diadopsi dari buku Consumer Behavior and Marketing Action (Assael: 2003), yaitu mulai dari tahapan awareness, knowledge, evaluation, trial, adoption, sampai dengan post purchase evaluation. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa fenomenalnya AFI disebabkan oleh kesuksesan Indosiar dalam memainkan emosi penonton dan keberhasilannya mengemas acara tersebut. Dari proses adopsi disimpulkan bahwa penonton AFI sangatlah emosional terutama ketika AFI muncul pertama kali yaitu di AFI 1, banyak pemirsa yang suka menonton acara AFI karena suka melihat fisik akademianya maupun karena rasa sentimen kedaerahan. Akan tetapi loyalitas pemirsa mulai memudar ketika memasuki AFI 3. Hal ini disebabkan karena semakin banyak bermunculan acara-acara lain seperti Indonesian Idol dan KDI. Selain itu juga masyarakat mulai bosan terhadap AFI yang dinilai acaranya sangat monoton dan Indosiar yang terkesan over expose dan aji mumpung terhadap semua produk AFI yang dimilikinya.

This research planned to express the phenomenon of the Emotional Bonding forming and Loyalty at Akademi Fantasi Indosiar (AFI). This is an exploratory research, so the description of various problems or relevant variables can be obtained by using analysis of selected cases method, focusing at individual, in this case are respondents who can give the insight of AFI. Analysis method is conducted by In Depth Interview to 20 respondents, which are student of Gadjah Mada University who have ever watched AFI. The twenty of respondents are selected by the characteristic of gender, group of ages (18-30 years old), marital status, and job status. The analysis is conducted based on the model of decision-making process adopted from the book of Consumer Behavior and Marketing Action (Assael: 2003), started from awareness step, knowledge, evaluation, trial, adoption, up to post purchase evaluation. The result of analysis indicates that the phenomenon of AFI caused by the success of Indosiar in playing audience emotion and its efficacy in packaging the event. From the adoption process, it is concluded that audiences of AFI are very emotional especially when AFI appeared at the first time, first AFI, many audiences like to watch AFI because they like to see the physical of contestants and also because of localism sentiment. But audiences’ loyalties start to fade when AFI 3 began. This is caused by more and more popping out other similar events like Indonesian Idol and KDI. Beside that, people start to be bored of AFI that is very monotonous and Indosiar seemed to over expose and to be an opportunist to all AFI products owned.

Kata Kunci : emotional bonding, loyalitas konsumen, Akademi Fantasi Indosiar (AFI), reality show, televisi, exploratory research, consumer loyalty, television


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.