Effects of brand awareness for consumer choice
AYUDHIYA H., Maya, Prof.Dr. Basu Swastha Dharmmesta, MBA
2005 | Tesis | Magister ManajemenKesadaran merek merupakan tingkat yang paling awal dari penerapan pengetahuan merek, pada tingkat yang paling rendah yaitu pengenalan terhadap nama suatu merek. Kesadaran menggambarkan jangkauan yang paling rendah dalam pengetahuan merek, dimana jangkauan tersebut berawal dari kemampuan mengenal nama merek sampai pada tahap dimana konsumen mengenal secara detail segala informasi mengenai merek tersebut. Pada penelitian ini, peneliti menganalisis efek dari kesadaran merek terhadap keputusan pembelian seseorang yang baru membeli merek tersebut dan orang yang sebelumnya pernah membeli merek tersebut. Dari penelitian diperoleh bahwa konsumen memilih suatu merek dikarenakan konsumen telah mengenal merek tersebut atau memiliki cukup informasi mengenai merek tersebut. Kesadaran merek sangat mempengaruhi pemilihan konsumen terhadap suatu merek. Dari data yang diperoleh dapat dijelaskan bahwa citra merek dan pengenalan akan merek dalam meningkatkan kesadaran merek akan dapat mempengaruhi kemungkinan pilihan konsumen terhadap satu merek.
Brand awareness is defined as an elementary level of brand knowledge involving, at the least, recognition of the brand name. Awareness represents the lowest end of a range of brand knowledge that ranges from simple recognition of the brand name to a highly developed cognitive structure based on detailed information (Mandler 1980 in Hoyer and Brown 1990; p.141). In this study, the researcher analyzed effects of brand awareness on choice for a common and repeat purchase product. Research finding resulted that consumers judged to choose one of brand they should know or first about that brand. Brand awareness has important effects on choice intention. The data suggest that brand image and brand familiarity at increasing brand awareness could be effective in increasing choice probabilities.
Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Minat Membeli,Citra Merek,brand awareness, brand familiarity, brand image and choice intention