Laporkan Masalah

Kinerja Dinas Kependudukan Kabupaten Kepulauan Riau

IDRIS, Dr. Samodra Wibawa

2005 | Tesis | Magister Administrasi Publik

Permasalahan kinerja pelayanan birokrasi pemerintah sampai saat ini menjadi sangat penting, karena memiliki nilai yang sangat strategis. Pengukuran kinerja pelayanan dapat diterjemahkan sebagai suatu hasil kerja atau melihat keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan tugas dan fungsi dilakukan. Disisi lain pengukuran keberhasilan maupun kegagalan instansi pemerintah dalam menjalankan tugas dan fungsi sulit diukur secara objektif, karena belum diterapkan sistim pengukuran kinerja pelayanan yang dapat menginformasikan tingkat keberhasilan secara objektif dan terukur dalam pelaksanaan program suatu instansi pemerintah. Tesis ini mengambil judul Kinerja Dinas Kependudukan Kabupaten Kepulauan Riau. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskriftifkan kinerja pelayanan pendaftaran penduduk dan catatan sipil serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan pendaftaran penduduk dan catatan sipil Dinas Kependudukan Kabupaten Kepulauan Riau. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan data skunder. Data primer diolah dari hasil pengamatan dan wawancara mendalam dengan aparatur Dinas Kependudukan Kabupaten Kepulauan serta pihak-pihak masyarakat yang sedang berurusan dan yang pernah berurusan pada Dinas Kependudukan Kabupaten Kepulauan Riau. Sedangkan data skunder diperoleh dari Kantor Dinas Kependudukan Kabupaten Kepulauan Riau. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Dinas Kependudukan Kabupaten Kepulauan Riau sebagai organisasi tehnis Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Riau. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah kinerja sebagai variabel dependen; manajemen sumberdaya organisasi, koordinasi serta struktur organisasi merupakan variabel indenpenden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pendaftaran penduduk dan catatan sipil Dinas Kependudukan Kabupaten Kepulauan Riau kurang baik. Hal ini dapat diketahui dari indikator kerjasama, orientasi terhadap pelayanan dan responsivitas. Penelitian menunjukkan bahwa faktor manajemen sumberdaya organisasi, koordinasi dan struktur organisasi sangat berpengaruh terhadap kinerja pelayanan pendaftaran penduduk dan catatan sipil Dinas Kependudukan Kabupaten Kepulauan Riau. Optimalisasi akan perhatian untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja pelayanan pendaftaran penduduk dan catatan sipil di masa mendatang perlu dilakukan oleh Permerintah Kabupaten Kepulauan Riau yaitu melalui alokasi finansial dan penambahan pegawai struktural, sedangkan Dinas Kependudukan Kabupaten Kepulauan Riau dalam peran pimpinan, melakukan rolling petugas pelayanan secara priodek dan mengikutsertakan pegawai pada diklat tehnis fungsional dalam bidang tugas guna menuju aparatur yang profesional serta terwujudnya pelayanan yang prima dibutuhkan masyarakat..

The analysis of the performance of the governmental bureaucratic service is very urgent now because it has strategic values. The measurement can be translated as a work performance or it could be done by observing the success or the failure of tasks implemented and its functions. On the other hand, the measurement of the governmental authority‘s performance and function is difficult to do objectively, because there has no measurement system yet that could give information about the measured success level objectively in implementing the governmental institution’s program. This thesis was entitled “The Performance of Demographic Service in the Riau District”. The objectives of this research are to know and to describe the service performance of population registration and civil record, and to identify factors influencing the service performance. The data comprised of primary and secondary ones. The primary data was processed from the results of observation and in-depth interview with the apparatus of the Demographic Service in the Riau District. While, the secondary data was got from the Demographic Office of the Riau District. The analytical unit in this research was the Demographic Service in the Riau District, as a technical organization of the regional Government in Riau. The dependent variable was the service performance while the independent variables included the organizational human resources management, coordination and organization structure. The used method in this research was descriptive-qualitative. The results showed that the performance of the population registration and civil record of the Demographic Service in the Riau District was not good. The indicators of cooperation, orientation to service, and responsiveness showed it. The factors of organizational human resources management, coordination and organizational structure had significant influence on the performance of population registration and civil record services of the Demographic Service in Riau District. The government of Riau District was required to optimize performance of the population registration and civil record services in future by allocating the finance and adding the structural personnel. While, the Demographic Service needed to shift the service officers periodically and to invite participation of personnel in technical and functional training in order to materialize professional apparatus and first-rate services.

Kata Kunci : Kinerja Dinas Kependudukan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.