Pengaruh musik gamelan terhadap peningkatan pemahaman bacaan pada pelajar SMP Kanisius Kalasan 1
TAHER, Dahlan, Dr. Tina Afiatin, M.Si
2005 | Tesis | S2 PsikologiTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemberian musik gamelan dengan tempo sekitar 60 ketukan per menit dan tidak bersyair, akan berpengaruh terhadap tingkat pemahaman bacaan. Subyek adalah anak kelas 1 SMP dengan usia antara 12 - 14 tahun. Subyek berasal dari sekolah yang sama dengan guru Bahasa Indonesia yang sama pula untuk mendapatkan tingkat pemahaman bacaan yang homogen. Pemilihan musik yang didengarkan pada saat belajar diambil lewat an^et dan dikelompokkan ke dalam tiga kategori yaitu (1) tidak mendengarkan musik pada saat belajar, (2) musik pop, dan (3) musik gamelan. Hasill pretes menunjukkan tidak adanya perbedaan tingkat pemahaman bacaan baik pada kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen. Hasil postes menunjukkan bahwa ada perbedaan pemahaman bacaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen, subyek yang biasa mendengarkan musik pop mencapai tingkat pemahaman bacaan yang lebih tinggi dibandinkan dengan subyek yang biasa mendengarkan musik gamelan dan tidak mendengarkan musik.
This research aims at finding whether gamelan music, with approximate 60 beat per minute and has no lyrics, has influence to level of reading comprehension. 12 - 14 years-old Junior High School's students are the subject of this reasearch. Subjects came from the same school and also have the same teacher for their Bahasa Indonesia lesson, in order to have a homogenious ability of their reading comprehension. An questionaire was conducted to know subjects' kinds of music that subjects hear in their daily study and those kinds of music are categorizes into 3 category, (1) without music, (2) popular,music, and (3) gamelan music. Pretest result shows that level of reading comprehension between experiment group and control group is the same. Post-test indicated that experiment group's level of reading comprehension is higher than control group. Among experiment group, subjects with pop music as their study preference is higher than gamelan music and no music as their study preference.
Kata Kunci : Psikologi Pendidikan,Pembelajaran,Musik Gamelan