Eksistensi YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) dalam perlindungan konsumen
IRFAN, Mohammad, Prof.Dr. RM. Sudikno Mertokusumo, SH
2004 | Tesis | S2 Ilmu Hukum (Magister Hukum Bisnis)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana eksistensi YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) dalam perlindungan konsumen dan bagaimana upaya perlindungan hukum yang ditempuh oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia dalam menyelesaikan berbagai permasalahan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka yang merupakan data sekunder dengan cara mempelajari dan menelaah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, Tentang Perlindungan Konsumen, yang disebut penelitian kepustakaan. Selanjutnya untuk menunjang dan melengkapi fakta yang ada, maka dilakukan pula penelitian lapangan yang merupakan data primer dengan cara menentukan kota DKI Jakarta sebagai lokasi penelitian dengan subjek penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Pusat Jakarta sebagai nara sumber . Data yang diperoleh baik data primer maupun data sekunder kemudian dianalisis secara kualitatif kemudian ditarik kesimpulan sebagai jawaban atas permasalahan dengan menggunakan metode deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan YLKI dalam perlindungan dan pemberdayaan terhadap konsumen telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi penegakan hak-hak konsumen. Berbagai pengaduan permasalahan konsumen atas produk suatu barang/jasa telah semakin menumbuhkan komitmen YLKI untuk tetap konsisten menegakkan martabat konsumen. Upaya-upaya perlindungan dan solusi terhadap permasalahan konsumen melalui metode litigasi dengan mekanisme gugatan class action telah memberikan nuansa hukum yang positif bagi masyarakat konsumen walaupun dalam implementasi putusan class action belum secara optimal memberikan perlindungan konsumen karena beberapa kendala yuridis maupun sosiologis. Upaya penyelesaian permasalahan konsumen dengan jalur mediasi dengan mempertemukan pihak pelaku usaha dan konsumen dipandang efektif dalam memberikan solusi bagi konsumen. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan upayaupaya perlindungan konsumen dengan memberikan solusi terhadap permasalahan konsumen dapat menjadi komitmen moral bagi YLKI untuk tetap konsisten menegakkan hak-hak konsumen sesuai yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.
The aim of this research is to identify the existence of YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) in protecting consumers and legal protection efforts that the YLKI performed to solve various problems consumers dealt with. The research is juridical normative. It was performed by examining literature materials as secondary data throught so-called literature study and review on Acts Number 8 of 1999 and regulations of consumer protection. In addition, to provide primary data, a field study was conducted by assigning the Jakarta Special District as site research with the Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Pusat Jakarta as main source. Both the primary data and secondary data obtained were analyzed qualitatively and the next step was taking a conclusion as the answer for problems using deductive method. The research result indicated that the role of the YLKI in consumer protection and empowerment have provided significant contributions in upholding consumer rights. Various complaints toward their products of good and services increased YLKI commitment to consistenly uphold consumer rights. Protection efforts and solutions on consumer problems using litigations method with class action mechanism have given positive law nuence to consumers, although in its implementations, decision of class action had not optimally protected the consumers due to some juridical and sociological impediments. Some efforts to solve consumer problems with mediation method by which business circle and consumers met together were regarded as effective solutions consumer problems. Based on the results, it was expected that consumer protection efforts through consumer problem solving turned to be moral commitment for the YLKI in cossistently upholding the consumer rights as the Acts Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection stated.
Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Konsumen, YLKI, the existence of YLKI, consumer protection.