Laporkan Masalah

Grown-Up Interactive Park di Yogyakarta dengan Pendekatan Spatial Experience

Stella Angelia Hadinata, Nur Zahrotunnisaa Zagi, S.T., M.T

2025 | Skripsi | ARSITEKTUR

Yogyakarta, sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia, dikenal dengan kekayaan budaya, sejarah, serta daya tarik wisata yang beragam. Namun, sebagian besar tempat rekreasi yang tersedia masih lebih banyak ditujukan bagi keluarga dan anak-anak, sementara kebutuhan orang dewasa akan ruang hiburan yang sesuai dengan preferensi mereka masih belum banyak terpenuhi. Oleh karena itu, perancangan taman hiburan ini bertujuan untuk menyediakan ruang rekreasi yang dirancang khusus bagi orang dewasa dengan pendekatan spatial experience. Taman hiburan interaktif yang dirancang khusus untuk orang dewasa ini ditujukan sebagai tempat rekreasi yang tidak hanya menawarkan hiburan, tetapi juga pengalaman ruang yang mampu mendukung relaksasi dan pelepasan stres. Dengan pendekatan spatial experience, perancangan ini mengutamakan bagaimana ruang dapat memberikan pengalaman yang mendalam melalui tiga tahapan utama: Encouraging, yang membangun makna dan konsep ruang untuk menarik minat pengunjung; Enabling, yang memungkinkan interaksi imersif dengan elemen ruang yang aman dan menarik; serta Enclosing, yang menciptakan keterlibatan emosional melalui suasana dan desain yang mendukung kenyamanan psikologis. Mengusung konsep "Escaping the Reality", taman hiburan ini berfungsi sebagai tempat pelarian dari rutinitas dan tekanan sehari-hari, di mana pengunjung dapat menikmati berbagai wahana interaktif, zona eksplorasi, serta area relaksasi yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan rekreasi orang dewasa. Dengan strategi desain yang berfokus pada pengalaman multi-sensori, zonasi yang ramah dewasa, serta alur ruang yang intuitif, taman ini diharapkan dapat menjadi destinasi wisata yang optimal bagi individu yang mencari keseimbangan antara hiburan dan ketenangan dalam waktu luang mereka.

Yogyakarta, as one of Indonesia's main tourist destinations, is known for its rich cultural heritage, history, and diverse attractions. However, most recreational facilities available are primarily designed for families and children, while the need for entertainment spaces that cater specifically to adults remains largely unfulfilled. Therefore, the design of this amusement park aims to provide a recreational space exclusively tailored for adults using the spatial experience approach. This interactive amusement park is intended as a recreational venue that not only offers entertainment but also a spatial experience that supports relaxation and stress relief. Through the spatial experience approach, this design emphasizes how space can create an immersive experience through three key stages: Encouraging, which establishes the meaning and concept of space to attract visitors; Enabling, which allows immersive interaction with spatial elements that are safe and engaging; and Enclosing, which fosters emotional attachment through an atmosphere and design that supports psychological comfort. Adopting the concept of "Escaping the Reality", this amusement park serves as a getaway from daily routines and pressures, where visitors can enjoy various interactive attractions, exploration zones, and relaxation areas specifically designed to meet the recreational needs of adults. With a design strategy focused on multi-sensory experiences, adult-friendly zoning, and intuitive spatial flow, this park is expected to become an ideal tourist destination for individuals seeking a balance between entertainment and relaxation during their leisure time.

Kata Kunci : Interactive Park, Spatial Experience, Orang Dewasa, Rekreasi

  1. S1-2025-473133-abstract.pdf  
  2. S1-2025-473133-bibliography.pdf  
  3. S1-2025-473133-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2025-473133-title.pdf