Perancangan Board Game "Procure & Conquer" Sebagai Media Pembelajaran Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah bagi Mahasiswa
Muhamad Hafizha Rosyadi, Mukhlis, S.E., M.Acc.
2025 | Tugas Akhir | D4 Akuntansi Sektor Publik
Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berbentuk board game dengan nama Procure & Conquer sebagai sarana edukatif yang mendukung pemahaman mahasiswa terhadap proses Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (PBJP). Board game ini memuat simulasi alur PBJP yang dikembangkan berdasarkan regulasi yang berlaku dan disusun melalui pendekatan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Rancangan permainan mencakup elemen seperti papan permainan, kartu proyek, kartu kesempatan, kartu rekan, dan panduan permainan yang dikemas secara menarik dan edukatif. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli desain pembelajaran menunjukkan hasil “layak untuk diujicobakan sesuai saran revisi”, dan uji coba terbatas kepada mahasiswa juga menghasilkan tanggapan positif. Dengan demikian, Procure & Conquer secara keseluruhan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran alternatif dalam mendukung pemahaman PBJP secara interaktif.
This study aims to design an educational board game titled Procure & Conquer as a learning medium to support students’ understanding of the Government Procurement of Goods and Services (PBJP). The board game simulates the PBJP process, developed based on applicable regulations and structured using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The game consists of key components including a game board, project cards, opportunity cards, partner cards, and a rulebook, all designed in an engaging and educational format. Validation by content and instructional design experts resulted in a conclusion of "feasible for trial with suggested revisions," and a limited trial with students received positive feedback. Therefore, Procure & Conquer is considered appropriate as an alternative learning medium to support interactive understanding of PBJP.
Kata Kunci : board game, media pembelajaran, pengadaan barang dan jasa, PBJP, ADDIE