Pengaruh Gamifikasi terhadap Sustainability Awareness dan Behavior dengan The Settlers of Catan: Oil Spring Scenario di Indonesia
Nur Haqiqi, Ir. Sinta Rahmawidya Sulistyo, S.T., MSIE., Ph.D., IPM.
2025 | Skripsi | TEKNIK INDUSTRI
Rendahnya kesadaran terhadap isu
keberlanjutan di Indonesia menunjukkan perlunya metode edukasi yang inovatif.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gamifikasi melalui permainan
papan The Settlers of Catan: Oil Springs Scenario dalam meningkatkan sustainability
awareness (yang mencakup sustainability knowledge dan sustainability
attitude) serta sustainability behavior. Selain itu, penelitian ini
juga menganalisis peran risk attitude dalam pengambilan keputusan
terkait sumber daya terbatas selama permainan berlangsung.
Dilakukan eksperimen dengan
memainkan The Settlers of Catan: Oil Springs Scenario kepada 44 orang
responden. Kuesioner pre-test, post-test, dan risk attitude
diberikan kepada pemain. Data kemudian dianalisis secara statistik untuk
membandingkan hasil pre-test dan post-test untuk melihat pengaruh
permainan, serta mengidentifikasi risk attitude responden berdasarkan
kuesioner yang diisi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi gamifikasi memberikan pengaruh positif yang signifikan secara statistik terhadap seluruh variabel: sustainability knowledge (p = 0,001), sustainability attitude (p = 0,002), dan sustainability behavior (p < 0>sustainability attitude (? = 0,659), diikuti oleh sustainability behavior (r = 0,423), dan sustainability knowledge (? = 0,382). Hasil eksperimen juga menunjukkan bahwa perilaku dalam permainan dipengaruhi oleh risk attitude masing-masing pemain. Pemain dengan karakter risk seeking menggunakan sumber daya minyak paling banyak (rata-rata 6-7 token), diikuti oleh risk neutral (rata-rata 2-3 token), dan risk averse paling sedikit (rata-rata 1-2 token). Penelitian ini menyimpulkan bahwa gamifikasi efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan membentuk sikap melalui mekanisme permainan yang mendorong perilaku keberlanjutan. Selain itu, pentingnya mempertimbangkan profil risiko dalam perancangan intervensi edukatif, serta perlunya heterogenitas dalam pembentukan kelompok untuk menciptakan dinamika tim yang lebih baik.
The
low awareness of sustainability issues in Indonesia highlights the need for
innovative educational methods. This study aims to examine the effect of
gamification through the board game The Settlers of Catan: Oil Springs Scenario
on increasing sustainability awareness (which includes sustainability knowledge
and attitude) and sustainability behavior. Furthermore, this study analyses the
role of risk attitude in decision-making related to limited resources during
the game.
An
experiment was conducted by playing The Settlers of Catan: Oil Springs Scenario
with 44 respondents. A pre-test, post-test, and risk attitude questionnaire
were administered to players. The data were then statistically analysed to
compare the pre-test and post-test results to determine the game's effect and
to identify respondents' risk attitudes based on the completed questionnaires.
The results showed that the gamification intervention had a statistically significant positive effect on all variables: sustainability knowledge (p = 0.001), sustainability attitude (p = 0.002), and sustainability behavior (p < 0 xss=removed xss=removed xss=removed>
Kata Kunci : The Settlers of Catan: Oil Springs Scenario, Keberlanjutan, Sikap terhadap Risiko