Analisis Penerimaan Sistem Akuntansi VIP (Vendor Invoicing Portal) pada Proses Pembayaran Tagihan di PT PLN (Persero) UPDL Jakarta
Sonia Aulia Rahman Alrosyid, Hilda Octavana Siregar, S.E., M.Acc.
2025 | Tugas Akhir | D4 Akuntansi Sektor Publik
Pemanfaatan teknologi informasi dalam suatu organisasi memiliki potensi besar dalam meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi pengelolaan keuangan, seperti halnya dalam proses pembayaran tagihan. Salah satu pertanyaan penting yang muncul adalah apakah pegawai dan vendor bersedia mengadopsi teknologi informasi seperti Vendor Invoicing Portal (VIP) dalam menjalankan proses tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk menilai persepsi pengguna terhadap kemudahan dan kegunaan sistem VIP serta pengaruhnya terhadap niat penggunaan sistem di masa mendatang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif terhadap pengguna VIP di PT PLN (Persero) UPDL Jakarta. Model analisis yang digunakan mengacu pada pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan proses pengolahan data dilakukan dengan perangkat lunak SmartPLS 4.0. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap persepsi manfaat; persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap sikap penggunaan; persepsi manfaat tidak berpengaruh terhadap sikap penggunaan; persepsi manfaat berpengaruh positif terhadap niat penggunaan; sikap penggunaan berpengaruh positif terhadap niat penggunaan; dan niat penggunaan berpengaruh positif terhadap penggunaan aktual VIP.
The use of information technology in an organization has great potential to improve transparency, accountability, and efficiency of financial management, such as in the bill payment process. One important question that arises is whether employees and vendors are willing to adopt information technology such as the Vendor Invoicing Portal (VIP) in carrying out the process. The purpose of this study is to assess user perceptions of the ease and usefulness of the VIP system and its effect on their intention to use the system in the future. The research was conducted using a quantitative approach to VIP users at PT PLN (Persero) UPDL Jakarta. The analysis model used refers to the Technology Acceptance Model (TAM) approach and the data processing is carried out with SmartPLS 4.0 software. The results showed that perceived ease of use has a positive effect on perceived usefulness; perceived ease of use has a positive effect on attitude toward using; perceived usefulness has no effect on attitude toward using; perceived usefulness has a positive effect on behavioral intention to use; attitude toward using has a positive effect on behavioral intention to use; and behavioral intention to use has a positive effect on actual use of VIP.
Kata Kunci : Sistem Informasi, VIP, TAM, Information System, VIP, TAM