Laporkan Masalah

Kebijakan Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan Politeknik Negeri Jakarta tentang efektivitas perkuliahan dosen

DJAIZ, Mukhyidin, Prof.Dr. Miftah Thoha

2004 | Tesis | Magister Administrasi Publik

Penelitian mengenai Kebijakan Jurusan Teknik Grafika Dan Penerbitan Politeknik Negeri Jakarta Tentang Efektivitas Perkuliahan Dosen, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kebijakan Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan Politeknik Negeri Jakarta dalam mempengaruhi efektivitas perkuliahan dosen. Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah seberapa jauh kebijakan Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta tentang efektivitas perkulian dosen dapat dilaksanakan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam analisa data adalah metode kuantitatif. Hubungan Kebijakan Perkuliahan Dosen (KPD) dan Efektifitas Perkuliahan Dosen (EPD) dapat dikemukakan bahwa, berdasarkan hasil Analisis mengenai Kebijakan Perkuliahan Dosen ternyata diperoleh skor nilai rata-ratanya adalah 88, nilai ini menunjukkan implementasi Kebijakan Perkuliahan Dosen dapat disebut cukup efektif. Adapun hasil analisis mengenai Efektivitas Efektifitas Perkuliahan Dosen ternyata diperoleh nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa (Index Prestasi Komulatif) adalah 2,9. ini menunjukkan Efektivitas Perkuliahan Dosen mahasiswa adalah cukup baik. Kesimpulannya, antara Kebijakan Perkuliahan Dosen (KPD) dengan Efektifitas Perkuliahan Dosen (EPD) ternyata ada hubungan, karena Kebijakan Perkuliahan Dosen mutu nilainya sama dengan mutu nilai Efektivitas Perkuliahan Dosen. Upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi faktor-faktor penghambat tersebut adalah; [1] mengembangkan Peraturan Pendidikan Diploma III Politeknik Negeri Jakarta, dalam bentuk pedoman baku mengenai pelaksanaan perkuliahan dosen yang terdiri dari perkuliahan teori, praktek di bengkel/laboratorium dan praktek industri, [2] meningkatkan kompetensi dosen dalam hal metodologi mengajar dan kompetensi keahliannya. [3] mengadakan sarana dan prasarana sendiri Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan dan mengembangkan kemitraan dengan berbagai industri yang relevan untuk praktikum/magang mahasiswa, [4] meningkatkan kemampuan manajerial pejabat struktural dan mengembangkan sarana serta sistim pengelolaan administrasi akademik secara digital, [5] meningkatkan status dosen dari dosen tidak tetap menjadi dosen tetap melalui program alih fungsi / lolos butuh, program alih spesialisasi keahlian dari program studi teknik lainnya yang kelebihan dosen, dan atau rekruitmen dosen baru, dan [6] mengadakan penambahan buku-buku referensi bidang grafika dan penerbitan pada perpustakaan jurusan.

The general policy of the Technical Graphic and Publishing Department of the Jakarta Polytechnic is concerning with the effectiveness of lecturing. This policy research is aimed at identifying how far the policy can influence the effectiveness of lecturing. The fundamental problem at this research is whether there is an influence of policy to the effectiveness of lecturing. This research is used the method of quantitatively data analysis technic. Based on data analysis, the relationship between Lecturer’s teaching policy and effectiveness of lecturing can be represented in the average score 88. This score indicates that the implementation of lecturer’s teaching policy is effective enough. Moreover the data analysis of effectiveness of lecturing as indicate in the Cumulative Index Prestation 2,9 shows that effectiveness of lecturing is good enough. Referring the above research analysis result, it can concluded that factually there is relationship between Lecturer’s Teaching Policy and effectiveness of lecturing, because the quality of Lecturer’s teaching policy is equal to the effectiveness of lecturing. In order to enhance the effectiveness of lecturing at the Graphic Technic and Publishing Department, Jakarta Polytechnic it is recommended to do some efforts, such as: First, developing the educational regulation to be a standard guidance of lecturing, consists of the theory and the practice at the workshop affairs, laboratory and industry. Second, enhancing the lecturer’s competency in teaching methodology and professional skill. Third, providing means of lecturing as well as establishing partnership with the related industry to be the place of practice or apprenticeship. Fourth, upgrading the managerial competency of the structural official and developing the academic administration as an integrated management information system. Fifth, promoting the lecturer’s status from temporary to be a permanent one by having the program of need impassing, specialization shift, and new recruitment. Sixth, the proficen the additional of graphic and publishing books references for the library of the department

Kata Kunci : Efektivitas Organisasi,Perkuliahan,Kebijakan Jurusan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.