Laporkan Masalah

Mencari The Real: Celah Paralaks Tokoh Utama dalam Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja

Fata Benny Ashari, Prof. Dr. Aprinus Salam, M. Hum

2025 | Tesis | S2 Sastra

Penelitian ini mengkaji novel Atheis (1949) karya Achdiat K. Mihardja, yang kembali mendapat sorotan publik setelah dimasukkan ke dalam daftar 177 bacaan rekomendasi Kemendikbud Ristek, serta memicu perdebatan di media sosial pada pertengahan 2024. Relevansi novel ini tidak hanya terletak pada kontroversi aktual, tetapi juga pada tema sentralnya: pencarian kebenaran oleh tokoh utama, Hasan, yang berakhir tanpa konklusi yang final. Ketidaktuntasan ini dianalisis melalui konsep parallax gap (celah paralaks) dari Slavoj Žižek, yang merepresentasikan krisis epistemologis dan ontologis khas era postmodern. Dalam kerangka ini, pencarian kebenaran dipahami tidak hanya terhambat oleh bias subjektif, tetapi juga oleh sifat objek yang secara struktural retak dan tak pernah sepenuhnya dapat diakses. Žižek menekankan bahwa setiap perubahan posisi epistemologis subjek menggeser konstruksi ontologis objek, sehingga kebenaran senantiasa berada dalam jarak yang mengganggu, tak pernah sepenuhnya hadir. Objek, termasuk ide tentang Tuhan, dalam hal ini bukan hanya pasif, melainkan aktif men-disrupsi konsistensi subjek.

Penelitian ini berupaya menjawab dua pertanyaan utama: (1) bagaimana struktur celah paralaks termanifestasi dalam narasi Atheis, dan (2) apa implikasinya terhadap pencarian kebenaran oleh Hasan. Melalui analisis tekstual dan pendekatan teori celah paralaks dan subjektivitas Zizekian, ditemukan bahwa pergeseran epistemologis Hasan, baik sebagai muslim tradisional, penganut tarekat yang taat maupun sebagai marxis-ateis, justru membuatnya kesulitan dalam menangkap ontologi dari objek “Tuhan” yang ingin ia pahami. Ketidakmampuan Hasan dalam melihat ontologi Tuhan sebagai objek juga dilegitimasi oleh pandangan Zizek yang menyatakan bahwa “Tuhan” adalah representasi dari the Real.

This study examines the novel Atheis (1949) by Achdiat K. Mihardja, which has regained public attention after being included in the list of 177 recommended readings by the Indonesian Ministry of Education, Culture, Research, and Technology (Kemendikbud Ristek), sparking debates on social media in mid-2024. The relevance of this novel lies not only in its contemporary controversy but also in its central theme: the protagonist Hasan’s quest for truth, which concludes without a definitive resolution. This incompleteness is analyzed through Slavoj Žižek’s concept of the parallax gap, which represents the epistemological and ontological crises typical of the postmodern era. Within this framework, the pursuit of truth is understood not merely as hindered by subjective bias but also by the structural fracture of the object itself, which can never be fully accessed. Žižek emphasizes that every shift in the subject’s epistemological position simultaneously alters the ontological construction of the object, rendering truth perpetually distant, always disruptive, never fully present. The object, including the idea of God, is thus not passive but actively disrupts the subject’s consistency.
This research seeks to address two main questions: (1) how is the structure of the parallax gap manifested in the narrative of Atheis, and (2) what are its implications for Hasan’s search for truth? Through textual analysis and the application of Žižekian theories of the parallax gap and subjectivity, it is found that Hasan’s epistemological shifts, as a traditional Muslim, a devout Sufi adherent, and later as a Marxist-atheist, ultimately hinder his ability to grasp the ontology of the object “God” he seeks to understand. Hasan’s inability to perceive the ontology of God as an object is further legitimized by Žižek’s view that “God” is a representation of the Real.

Kata Kunci : Kata kunci: Parallax gap, Subjektivitas, The Real, Žižek, Atheis, Achdiat K. Mihardja

  1. S2-2025-509249-abstract.pdf  
  2. S2-2025-509249-bibliography.pdf  
  3. S2-2025-509249-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2025-509249-title.pdf