Digital Storytelling Wisata Gastronomi Berbasis Transportasi Publik Trans Jogja Rute 3A
Dewi Rembulan, Handayani Rahayuningsih, S.S., M.Sc., H.T.S., C.H.E
2025 | Tugas Akhir | D4 Bisnis Perjalanan Wisata
Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata yang menawarkan berbagai macam pilihan wisata, salah satunya adalah wisata gastronomi yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Tak hanya itu, untuk mendukung mobilitas wisatawan, pemerintah DI Yogyakarta juga telah menyediakan transportasi publik Trans Jogja, yang salah satu rutenya memiliki pemberhentian cukup banyak dan melewati kawasan Malioboro yang memiliki potensi wisata gastronomi yaitu rute 3A. Trans Jogja tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai sarana mobilitas saja, namun juga memiliki potensi sebagai sarana pengembangan wisata melalui storytelling yang dikemas dalam bentuk digital. Adanya potensi wisata gastronomi pada Trans Jogja rute 3A serta potensi Trans Jogja sebagai sarana pengembangan pariwisata melalui digital storytelling mendorong adanya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi komponen gastronomi pada Trans Jogja rute 3A yang kemudian disusun menjadi digital storytelling. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara semi terstruktur, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini berupa digital storytelling wisata gastronomi pada Trans Jogja rute 3A yang ditampilkan dalam bentuk QR Code yang didalamnya, terbagi menjadi 2 pilihan menu, yaitu berdasarkan makanan dan berdasarkan letak halte
Kata Kunci : Trans Jogja Rute 3A, Digital Storytelling, Makanan Tradisional, Wisata Gastronomi