Laporkan Masalah

Kepuasan Wisatawan Terhadap Komponen Pariwisata di Kawasan Laguna Pantai Depok, Bantul

Muammar Iqbal Khadafi Tarwaca, Mohamad Rachmadian Narotama, ST, M.Sc., Ph.D.

2025 | Skripsi | PARIWISATA

Penelitian ini membahas kepuasan wisatawan terhadap ketersediaan Komponen 4A Pariwisata di Kawasan Laguna Pantai Depok, Bantul. Laguna Pantai Depok adalah destinasi wisata baru pasca konstruksi jembatan Kretek Dua yang kemudian memberikan animo wisatawan. Keindahan pemandangan dengan bentang Jembatan Kretek Dua yang didukung dengan inovasi daya tarik persewaan perahu dan jet ski diperkirakan menjadi latar belakang animo wisatawan terhadap destinasi Laguna Panai Depok, Bantul. Ketersediaan serta kelengkapan Komponen 4A Pariwisata di kawasan tersebut berkontribusi memberikan persepsi yang mendukung penelitian. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif. Instrumen kuesioner skala Likert lima pilihan nilai digunakan dalam mengukur kepuasan wisatawan terhadap komponen pariwisata: Komponen Attraction (Daya tarik), Komponen Accessibility (Aksesibilitas), Komponen Amenity (Fasilitas pendukung), dan Komponen Ancillary (Layanan tambahan). Sampel yang digunakan dalam studi ini sebanyak 100 wisawatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keseluruhan kepuasan wisatawan terhadap Komponen 4A Pariwisata di kawasan Laguna Pantai Depok, Bantul adalah baik. Meskipun keseluruhan nilai rata-rata tersebut diinterpretasikan sebagai kepuasan keseluruhan baik, namun secara kategori rentang penilaian skala Likert berada diambang border line bawah sehingga masih perlu ditingkatkan. Fenomena kepuasan wisatawan tersebut menunjukkan bahwa meskipun mayoritas tanggapan positif terhadap keempat variabel komponen pariwisata, sebagian responden merasa bahwa kepuasan wisatawan pada keempat komponen pariwisata masih berada pada nilai yang “Cukup” hingga “Sangat Tidak Puas”. Penilaian yang mendapatkan skor tertinggi diidentifikasi pada variabel Komponen Accessibility (Aksesibilitas) yang menunjukkan bahwa kawasan Laguna Pantai Depok, Bantul memiliki akses yang positif. Sedangkan untuk penilaian skor terendah terdapat pada Komponen Ancillary (Layanan tambahan) yang menunjukkan bahwa kawasan Laguna Pantai Depok perlu melakukan pengembangan terhadap ketersediaan komponen tersebut pada ketersediaan layanan informasi wisata, layanan keamanan, dan layanan kesehatan/kedaruratan/tanggap bencana. Aksesibilitas yang positif memberikan kemudahan wisatawan dalam melakukan mobilisasi di kawasan Laguna Pantai Depok, Bantul. Sedangkan Layanan tambahan yang kurang memadai memberikan kepuasan yang cukup hingga kurang bagi wisatawan.

This study discusses tourist satisfaction with the availability of the 4A Tourism Components in the Lagoon Area of Depok Beach, Bantul. Depok Beach Lagoon is a new tourist destination after the construction of the Kretek Dua bridge which then provides tourist interest. The scenery beauty with the Kretek Dua Bridge span supported by the innovation of boat and jet ski rental attraction is estimated to be the background of tourist interest in the Depok Beach Lagoon destination, Bantul. The availability and completeness of the 4A Components of Tourism in the area contribute to providing perceptions that support the research. This study uses quantitative methods with descriptive statistical analysis. A five-value Likert scale questionnaire instrument was used in measuring tourist satisfaction with tourism components: Attraction Component, Accessibility Component, Amenity Component, and Ancillary Component. The sample used in this study was 100 tourists. The results showed that the overall average value of tourist satisfaction with the 4A Tourism Component in the Depok Beach Lagoon area, Bantul was good. While the overall average score is interpreted as good overall satisfaction, categorically the Likert scale assessment range is at the lower border line and still needs to be improved. The phenomenon of tourist satisfaction shows that although the priority of the majority of positive responses to the four tourism component variables, some respondents feel that tourist satisfaction with the four tourism components is still at a value that is “Fair” to “Very Dissatisfied”. The assessment that gets the highest score is identified in the Accessibility Component variable, which shows that the Depok Beach Lagoon area, Bantul has positive access. However, the lowest score assessment is in the Ancillary Component, which indicates that the Depok Beach Lagoon area needs to develop the availability of these components in the availability of tourist information services, security, and health services/emergency/disaster response services. Positive accessibility makes it easy for tourists to mobilize in the Depok Beach Lagoon area, Bantul. Meanwhile, inadequate additional services provide sufficient to less satisfaction for tourists.

Kata Kunci : Laguna Pantai Depok, Kepuasan wisatawan, Wisata pesisir, Komponen Attraction (Daya tarik), Komponen Accessibility (Aksesibilitas), Komponen Amenity (Fasilitas pendukung), dan Komponen Ancillary (Layanan tambahan).

  1. S1-2025-481303-abstract.pdf  
  2. S1-2025-481303-bibliography.pdf  
  3. S1-2025-481303-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2025-481303-title.pdf