Pengaruh pelatihan pengembangan diri terhadap peningkatan berpikir positif dan penurunan kecemasan berbicara di depan umum
RAHAYU, Iin Tri, Dr. Marcham Darokah, MA
2004 | Tesis | S2 PsikologiPelatihan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan pengembangan diri terhadap peningkatan berpikir positif sehingga terjadi penurunan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa AKTA IV UIN Malang. Kemampuan berbicara di depan umum sangat penting untuk dimiliki oleh mahasiswa AKTA IV sebagai seorang calon guru akan tetapi ternyata masih banyak mahasiswa AKTA IV UIN Malang yang mengalami kecemasan berbicara di depan umum. Penyebab kecemasan berbicara umum yang dialami sebagian besar disebabkan oleh berpikir positif yang rendah. Individu akan dapat berpikir positif bila mengenal dirinya sendiri, memahami potensi diri, memandang permasalahan sebagaimana adanya dan mempunyai harapan dan cita-cita yang positif. Pelatihan pengembangan diri diberikan untuk membantu meningkatkan berpikir positif dan menurunkan kecemasan berbicara di depan umum. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa AKTA IV UIN Malang sebanyak 22 orang yang memiliki tingkat berpikir positif rendah dan tingkat kecemasan berbicara di depan umum tinggi. Pelatihan dilakukan selama dua hari. Skala yang digunakan adalah skala berpikir positif dan skala kecemasan berbicara di depan umum yang diberikan pada pretest, post test, follow up pertama dan follow up kedua. Analisis data digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t menggunakan program SPS Sutrisno Hadi. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh pelatihan pengembangan diri terhadap peningkatan berpikir positif sehingga menurunkan kecemasan berbicara di depan umum, hal ini dapat dilihat dari nilai rerata yang meningkat yaitu pada pada pretest 39,182, post test 72,636, follow up pertama 75,818, dan follow up kedua 76,409 dan p=0,000. Perbedaan berpikir positif setelah pelatihan dan selang 15 hari menunjukkan perbedaan yang nirsignifikan t=1,591; p=0,113 demikian juga selang 29 hari menunjukkan perbedaan yang nirsignifikan t=-1,887; p=0,061. Perbedaan kecemasan berbicara di depan umum setelah pelatihan dan selang 15 hari kemudian menunjukkan hasil yang signifikan t=2,444; p=0,016 demikian juga selang 29 hari kemudian t=4,353; p=0,000.
The research was aimed to know the influence of self improvement training in increasing positive thingking so will reduction axiety in public speaking at students of AKTA IV UIN Malang. Public speaking ability is important to be owned by AKTA IV students as a lecture candidate, however in the reality, still many students have anxiety in public speaking. Cause of anxiety public speaking mostly is low positive thinking. Individual will be able to think positive if be able to recognizing his self, comprehend his potency, looking into problems as it is and have positive expectation. Self improvement training was given to assist to improve positive thinking and degrade anxiety in public speaking. Subject of study is the Students of AKTA IV UIN Malang counted 22 who have strong level of low positive thinking and high level in anxiety in public speaking. Traing conducted during two days. The used scale was positive thinking scale and anxiety in public speaking scale which given at pretest, post test, follow up 1 and follow up 2nd. Data analysis used in this study is t-test on SPS program. The result show that self improvement training gave influencing to increasing positive thinking and reducing anxiety in public speaking, this matter cen be seen from increasing average value in pretest 39,182, post test 72,636, follow up 1 75,818, follow up 2nd 76,409, and p=0,000. There were do differencies in positive thinking after training and 15 days later,t=1,591; p=0,113, and after 29 days later too, t=-1,887; p=0,061. There were differencies in anxiety in pubic speaking after training and 15 days later, t=2,444; p=0,016, and also after 29 days t=4,353; p=0,000.
Kata Kunci : Psikologi Klinis,Kecemasan,Pengembangan Diri, self improvement training, positif thinking, anxiety in public speaking