Laporkan Masalah

Peran Stres Akademik Terhadap Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Tahun Pertama Dengan Regulasi Emosi Sebagai Moderator

Muchlis Noor Asdianto, Dr. Arum Febriani, S. Psi., M.A.

2025 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Penyesuaian diri di universitas merupakan salah satu tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa baru. Penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama salah satunya dipengaruhi oleh stres akademik. Namun, bagaimana mekanisme pengaruh stres akademik terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama belum banyak diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan stres akademik terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama dengan dimoderatori oleh regulasi emosi. Penelitian ini melibatkan 429 mahasiswa S1 berusia 18–22 tahun. Instrumen penelitian menggunakan The Student Adaptation College Questionnaire (SACQ), Perception of Academic Stress Scale (PASS) dan Skala Regulasi Emosi. Analisis moderasi dilakukan dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) dari Jamovi. Hasil penelitian menunjukkan regulasi emosi dapat menjadi moderator yang signifikan bagi peran stres akademik terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama (b = 0,006; p <0>

College adjustment is one of the challenges faced by new students. First-year students adjustment is influenced by academic stress. However, the mechanism of influence of academic stress on the adjustment of first-year students has not been widely studied. The purpose of this study was to determine the role of academic stress on the adjustment of first-year students moderated by emotional regulation. This study involved 429 undergraduate students aged 18–22 years. This study used the Student Adaptation College Questionnaire (SACQ), Perception of Academic Stress Scale (PASS) and Emotion Regulation Scale instruments. Moderation analysis was conducted using Moderated Regression Analysis (MRA) from Jamovi. The results showed that emotional regulation can be a significant moderator for the role of academic stress on adjustment in first-year students (b = 0,006; p < 0>

Kata Kunci : Penyesuaian Diri Perguruan Tinggi, Stres Akademik, Regulasi Emosi, Mahasiswa Tahun Pertama

  1. S2-2025-485369-abstract.pdf  
  2. S2-2025-485369-bibliography.pdf  
  3. S2-2025-485369-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2025-485369-title.pdf