Laporkan Masalah

Kinerja birokrasi pelayanan publik :: Studi tentang pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan SIpil Kota Ternate

DENI, Saiful, Dr. Yeremias T. Keban

2004 | Tesis | S2 Administrasi Negara

Penelitian yang dilakukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Ternate adalah objek yang menarik untuk diteliti, hal ini berdasarkan kondisi/keadaan tentang kinerja pelayanan publik belum optimal dengan 47,70% dan 70,5% angka tersebut dianggap masih rendah dan menunjukkan belum terpenuhinya kebutuhan masyarakat dalam pelayanan publik, sehingga penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan mnejelaskan kinerja birokrasi pelayanan publik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam proses pelayanan publik. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diksriptif atau desain kualitatif untuk mengukur dengan cermat terhadap gejala sosial tertentu. Penelitian ini juga berdasarkan pada logika teoritik terhadap faktor pengaruh, yakni dari fungsi struktur organisasi sampai pada sarana pelayanan masih pembenahan dalam proses penyelenggaraan pelayanan publik. Dari gambaran tersebut, maka hasil temuan yang didapatkan dalam penelitian tentang keluhan(masih 60%) dan kepuasanan pelayanan(hanya 41,46%), acuan yang digunakan masih rendah(56,07) tidak adanya efesiensi dari standarisasi biaya dan waktu paling rendah(36,58%), tidak ada kemudahan prosedure (39,03%), dan tidak ada transparansi dalam pelayanan kepada pengguna jasa masih rendah(31,71%). Sedangkan hasil temuan pada faktor yang mempengaruhinya adalah pada penyimpangan terhadap pelaksanaan fungsi struktur organisasi, kepemimpinan yang terlalu otoriter, petugas pelayanan belum mempunyai kreativitas, inovatif, responsif , masih rendahnya penghargaan(insentif) yang diberikan oleh lembaga, kurangnya fasilitas pelayanan publik. Maka diharapkan dengan penelitian ini perlu pembenahan sistem dan pengelolaan pelayanan serta memperbaiki aransmen kelembagaan secara internal ke depan

This study aims to know concretely about the bureaucracy performance of public service in the Vital Statistics and Demography Service of Ternate City. For knowing this it needs to propose some performance approaches to the public service implementation that are able ti give some accurate information about it in that departement. By indicators of responsivenees, responsibility, accuntability, eguity that ask about eguality, in the service, service effeciency that is more about the service rationality, service simplicity examines on the service ease, and similarly, the service oppenness must be known by the service user. It comes from these indicators where we could know about how the actual service bureaucracy was. In analyzing these study result, some influencing factors were olso indicators in the bureaucracy performance, namely, organization structure, leadership, human resource bureaucracy, incentive system and service instrument as influencing measures on the public service implementation. In sum, between the performance approaches and factors, base on the study results, given no satisfying results yet or all the measurement components were suboptimum. So the solution of this study is ti improve continually the bureaucracy performance in its implementation. It begins from responsibility to service instrument that are very urgent problems to be given main priorities in developing service institution quality in the future

Kata Kunci : Kinerja Birokrasi,Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Performance, service, and Service User


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.