Laporkan Masalah

Perancangan sistem informasi persediaan koperasi (studi kasus Koperasi Konsumen Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Trenggalek)

Rendra Nandira Widriati, Dr. Faiz Zamzami, S.E., M.Acc., QIA., CMA., CAPM., CAPF., CRA., CACP.

2025 | Tugas Akhir | D4 Akuntansi Sektor Publik

Penelitian ini dilakukan bertujuan melakukan perancangan sistem informasi akuntansi persediaan berbasis Android. Hal ini berangkat dari kondisi koperasi yang masih mengalami tantangan dalam pengelolaan persediaannya. Perancangan dilakukan dengan mengikuti metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan batasan tiga dari tujuh tahapan pada metode tersebut, yaitu perencanaan, analisis, dan perancangan. Jenis dan sumber data merupakan data primer dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus. Sasaran utama sistem informasi akuntansi persediaan ini adalah Koperasi Konsumen PKK Trenggalek dengan responden penelitian terdiri dari ketua sebagai pihak pengurus dan admin operasional pihak yang secara langsung terkorelasi dengan pengelolaan persediaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perancangan sistem informasi akuntansi persediaan telah selesai dan sesuai dengan kebutuhan koperasi dengan pemberian nama “Sediaku”. Melalui penelitian ini diketahui bahwa perancangan sistem infomasi akuntansi persediaan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan ketepatan pengungkapan informasi. Perlu adanya pengembangan lebih lanjut untuk optimalisasi sistem agar lebih sesuai dengan kebutuhan koperasi di masa mendatang.

This study aims to design an Android-based inventory accounting information system as a solution for enhancing the efficiency and sustainability of cooperatives. This initiative stems from the challenges cooperatives still face in managing their inventory. The design process follows the System Development Life Cycle (SDLC) method, focusing on three out of its seven stages: planning, analysis, and design. The study utilizes primary data collected through observation, interviews, and documentation. The data is analyzed using a qualitative case study approach. The primary target of this inventory accounting information system is the PKK Trenggalek Consumer Cooperative, with research respondents including the chairperson as the management representative and the operational administrator responsible for inventory management. The results indicate that the design of the inventory accounting information system has been completed and meets the cooperative's needs, with the system named “Sediaku.” This study demonstrates that designing an inventory accounting information system can serve as a solution to increasing the accuracy of information disclosure. Further development is necessary to optimize the system to better align with the future needs of the cooperative.

Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Persediaan, Android, Koperasi, Koperasi Konsumen

  1. D4-2025-475212-abstract.pdf  
  2. D4-2025-475212-bibliography.pdf  
  3. D4-2025-475212-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2025-475212-title.pdf