Laporkan Masalah

PENGARUH PENGETAHUAN DAN PERSEPSI MAHASISWA NON-MUSLIM TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN JASA LAYANAN PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Perguruan Tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta)

VF. Rini Tri Setianingsih, Dr. Agusta Ika Prihanti Nugraheni, S.E., M.B.A

2025 | Tugas Akhir | D4 PERBANKAN

ABSTRAK 
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi atau pengaruh pengetahuan dan persepsi mahasiswa non-muslim terhadap minat menggunakan jasa layanan perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa non-muslim yang berkuliah di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta dan menggunakan data sekunder dengan analisis penelitian terdahulu. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel yang purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistik 25. Berdasarkan hasil analisis dan uji data, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan mahasiswa non-muslim tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan jasa layanan perbankan syariah, sedangkan persepsi mahasiswa memengaruhinya. 
Kata kunci: Pengetahuan, Persepsi, Minat, Perbankan Syariah.

ABSTRACT 

This research aims to analyze the influence of knowledge and perception of non-muslim students in Yogyakarta to use sharia banking. This study uses data collection techniques through primary data by distributing questionnaires to university students in Yogyakarta and utilizing secondary data through the analysis of prior research. The number of samples used by researchers was 100 respondents and applied a purposiceStatistics sampling technique. The method used in this study is multiple linear regression analysis using IBM SPSS Statistic 25. Based on the research, the study's result showed that knowledge of non-muslim students does not significantly influence their interest in utilizing sharia banking services, whereas perception demonstrates a significant impact. 

Keywords: Knowledge, Perception, Interest, Sharia Banking. 

Kata Kunci : Pengetahuan, Persepsi, Minat, Perbankan Syariah.

  1. D4-2025-479266-abstract.pdf  
  2. D4-2025-479266-bibliography.pdf  
  3. D4-2025-479266-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2025-479266-title.pdf